Buletin Gudep Gajah Mada Edisi Dua

Dari Redaksi

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
Salam Pramuka,
              Rasanya teramat bahagia, saat edisi perdana bias terselesaikan dengan baik dan terbitlah edisi kedua yaitu bulan ini. Bulan kedua di tahun 2016. Bulan berumur 29 hari setiap 4 tahun sekali. So special.
              Bulan dimana Bapak Pandu Sedunia (Boden Powell) berhari jadi yang ke 157. Sebab beliau dilahirkan pada  tanggal 22 Februari 1857. Meski kini  sudahlah tidak bias kita jumpai sosoknya tapi, kita akan senantiasa mengenang segala jasanya di dunia kepramukaan.
Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.
—Betty Irwanti—


Sejarah Boden Powell

Kalian tahu siapa Bapak Pramuka Se-dunia...? Mari kita simak cuplikan sejarahnya berikut ini...
              Siapa sih yang tidak kenal dengan Boden Powell, ia adalah Bapak Pramuka se- dunia. Nama aslinya ialah Robert Stephenson Smyth Boden Powell, dan nama lengkapnya adalah Lord Robert Boden Powell Of Gilwell. Boden Powell lahir pada 22 februari 1857 di London, Inggris. Sewaktu kecil ia sering dipanggil dengan sebutan ste/ steeve/ stepe. Sejak umur 3 tahun Boden Powell telah ditinggalkan oleh ayahnya. Ayahnya bernama Prof. Domine Boden Powell, ia meninggal pada 11 juni 1860. Selama itu Boden Powell tinggal bersama ibunya, yang bernama Henrietta Grace Smyth. Boden Powell memiliki 9 saudara, diantaranya: Warrington, August, Frank, Penrose, Jessie, Boden Flecher, Agnes, George dan Henrietta. Boden Powell sekolah pada tahun 1870 di Charter House School. Pada semasa sekolah Boden Powell di juluki dengan sebutan " Bthing Towel". Boden Powell lulus sekolah pada usia 19 tahun. Pada 30 Oktober 1912 Boden Powell menikah dengan Olieve ST. Clair Soames. Mereka di karunia 3 orang anak, diantaranya : Peter, Heter, dan Betti. Boden Powell di angkat menjadu Bapak Pandu se- dunia pada 06 Agustus 1920 di Olimpia, Londen, Inggris.
 Yang biasa disebut dengan Jambore Dunia yang pertama. Selain menjadi Bapak Pandu Se-Dunia, Boden Powell juga seorang pengarang buku yang hebat. Buku - buku yang dikarangnya antara lain : Aids To Scoutimg, Scouting For Boy, Rovering To Succes, Girl Guides, Scouting Games, On Vedet, Sport In War, Yorn's For Boy Scout, dll. Menulis buku Scouting For Boy pada tahun 1908 oleh penerbit Horace Cox, Windsors House, Bream's Building, Londen, F.C. Penghargaan - penghargaan yang pernah diterima oleh Boden Powell cukup banyak sekali, diantaranya : Ashanti Star, Metabili campaign, South African War Queen's, South African War king's, Campanion Order Of The Bath, dll. Boden Powell menjadi warga kehormatan di berbagai kota , seperti : New Castle Tyne, Bangor, Crdiff, Harwich, Poole, Guirlgford, Londen, Blandford, Canterbuy, Pontecraft, King on Thomes. Pada saat itu juga Boden Powell diberi gelar kehormatan seperti : Doktor Kehormatan di Bidang Hukum  Universitas Edinburg, Dokter Kehormatan dari Universitas Toronto, Canada, Doktor dari Universitas Mc. Gill di Montreall, Canada, Gelar kehormatan dari Universitas Liverpool, gelar kehormatan Doktor ilmu- ilmu sosial dari universitas Oxford. Pada akhirnya, Boden Powell meninggal dunia, pada 08 Januari 1941 di Nyeri, Kenya, Afrika.
Nah, gimana... sekarang teman teman sudah tau sejarah Boden Powell tuh seperti apa... Mari kita ingat dan hafalkan sejarahnya. Kita ikuti jejak beliau dan kita makmurkan PRAMUKA.
—Betty Irwanti—
sumber dari http://indriashuffah.blogspot.co.id/

Boden Powell Day
Tahun 2016

Berdasarkan Informasi dari Kwarran Bantarsari:
Dasar surat Kwarcab 1101 Cilacap tentang pelaksanaan Bodell Powell Day 2016, Acara BPD dilaksanakan serentak se-Kwarcab Cilacap, pada hari Jum'at, 26 Februari 2016, kegiatan Jum'at Bersih (kerja bhakti di lingkungan gudep masing2), waktu pukul 07.00 s.d 10.00 WIB.  Adapun kegiatan selengkapnya, yaitu:
1. Pengibaran Bendera di tepi jalan depan Gudep.
2. Bumbung Kemanusiaan Pramuka Peduli.
3. Kerja Bakti di halaman Gudep.
4. Kerja Bakti di lingkungan sekolah
5. Kerja Bakti di tempat ibadah (Mushola).



Kolom Anggota Pramuka
Kegiatan Boden Powell Day sangat ditunggu pelaksanaannya. Pada hari itu seperti yang sudah diagendakan kegiatannya adalh Jumat Bersih. Ini dia hasil jepretan kamera dari Wahyu Agil Prasetiyo, Anggota Pramuka Penggalang yang sekarang duduk di kelas V Gudep Gajah Mada, 11.01.23.055/056:


Kolom Pembina Pramuka

Galeri Foto Pesta Siaga 2016 Edisi 02
Hari Rabu, Tanggal 6 Januari 2016

Dijelasin dulu ya sama kakak Pembina….Antri antri antri …




Betty Clever
Betty Clever Lifestyle Blogger

Posting Komentar untuk "Buletin Gudep Gajah Mada Edisi Dua"