REVIEW NOVEL CEROS DAN BATOZAR TERE LIYE

03.20

CEROS DAN BATOZAR
Tere Liye
Co-author: Diena Yashinta

Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Cetakan kedua, Mei 2018

ISBN 9786020385914
376 halaman

------
Awalnya kami hanya mengikuti karyawisata biasa seperti murid-murid sekolah lain. Hingga Ali, dengan kegeniusan dan keisengannya, memutuskan menyelidiki sebuah ruangan kuno. Kami tiba di bagian dunia paralel lainnya, menemui petarung kuat, mendapat kekuatan baru serta teknik-teknik menakjubkan.

Dunia paralel ternyata sangat luas, dengan begitu banyak orang hebat di dalamnya.

Ceroz dan Batozar adalah buku ke 4,5 dari serial "Bumi". Masih berkisah tentang petualangan tiga sahabat. Raib bisa menghilang. Seli bisa mengeluarkan petir. Dan Ali bisa melakukan apa saja.

Mereka bertiga berkelana ke ruang bawah tanah di bawah Bor-O-Budur dan bertemu si Kembar, Nglanngeran dan Nglanngeram yang berasal dari Klan Aldebaran.

Aku benar-benar keliru terlanjur senang. Aku sama sekali tidak menduga beberapa jam lagi kami justru bertemu dengan sebuah misteri lain di dunia paralel. Bukan dari klan-klan dunia paralel itu, tapi di sini, di bumi, di klan kami sendiri. (halaman 12)

Kapsul perak kami meluncur turun, menembus atap sebuah ruangan raksasa berbentuk kubus dengan sisi tak kurang dari dua puluh kilometer. (halaman 40)

Sekarang aku juga tahu kenapa sensorku mendeteksi kekuatan besar dunia paralel skala 10. Itu adalah si kembar yang berubah wujud. (halaman 76)

Nglanngeram dan Nglanngeram itulah ternyata CEROS yang sebenarnya.

Lihatlah, Ali si biang kerok, yang rambutnya berantakan, pakaiannya kusut tidak disetrika, jarang mandi, yang selalu mengajakku bertengkar di sekolah, yang selalu menggampangkan masalah, balas menatap kami dengan tulus. (halaman 109)

Hanya Ceros yang bisa menembus selaput tak kasat mata yang akan mengantar mereka bisa keluar dari ruangan rahasia. Sarung tangan milik Ali lah solusi atas segala masalah Ceros. Namun, di akhir cerita. Si Kembar tetap menyerahkan kembali senjata berharga milik Ali, karena kagum dengan ikatan persahabatan Ali, Raib dan Seli.

Berita terkait isu benda terbang mirip ILY sedang viral.
Ada yang melaporkan melihat UFO di atas tempat itu beberapa hari lalu. Aku tengok beritanya tadi malam. (halaman 137)

Rupanya benda terbang itu bukan ILY melainkan pesawat tempur perak yang dijuri oleh Batozar.

BATOZAR adalah kriminal paling berbahaya di seluruh klan Bulan. Dia dihukum penjara seumur hidup sejak seratus tahun yang lalu atas tindak kriminal menghabisi seluruh keluarga anggota Ketua Komite Klan Bulan. (halaman 151)

Suara berat dan serak Batozar terdengar lantang. Wajahnya berubah menjadi riang meski tetap menyeramkan.
"Hari ini kita bertemu, Putri. Saat aku tak mampu lagi mengingat wajah istriku. Saat aku tidak lagi bisa melukis wajah anak perempuan kami. Bahkan saat aku tidak tahu lagi bagaimana bentuk asli wajahku sendiri." (halaman 239)

Berulang kali Batozar memaksa Seli untuk melakukan teknik yang dimiliki oleh keturunan murni Klan Bulan tapi belum juga berhasil.

Tanganku terangkat.
Sprooommm!
Entah apa yang sebenarnya terjadi, sekitar kami tiba-tiba membeku. Tanpa kusadari aku telah mengaktifkan level tertinggi teknik berbicara dengan alam. (halaman 330)

"Kita akan bertemu lagi dengannya, Ra. Dia akan menjadi sekutu terkuat kita menghadapi si Tanpa Mahkota." (halaman 351)

Riwayat Batozar belumlah tamat, ada sebuah cermin kecil yang ditemukan Ali. Batozar bisa melakukan teleportasi lewat cermin. Dia juga menguasai teknik bela diri level tertinggi.

Buku ini terbagi menjadi dua bagian. Ceros di bagian depan dan Batozar di bagian belakang. Buku ini ditulis dengan alur yang luar biasa indah. Untaian kata demi kata bisa membuat kita seperti masuk ke dalam jalan cerita. Penulisnya semakin bisa membuat banyak pembaca terpesona.

Pada setiap buku yang ditulisnya, Tere Liye selalu berhasil membuat pembaca belajar banyak hal melalui pesan yang diselipkannya.

Kalian sudah semakin besar, harus menunjukkan sikap dewasa yang bertanggung jawab dan penuh perhitungan. Bukan remaja atau kanak-kanak. (halaman 96)

Buku ini luar biasa. Apalagi setelah ending buku, ada selipan dua cerita di luar tema yang mencerahkan suasana meski sebenarnya hanya untuk intermezo.

****

Rumah Clever, Cilacap, 17 Agustus 2018 pukul 17.18
Ibu Jesi.

Lifestyle Blogger

Artikel Terkait

Previous
Next Post »