Quotes of this Monday

Quotes of this Monday
Oleh Betty Irwanti

My Job is not to be easy on people.
My job is to make them better.
(Steve Jobs)

Quotes dari Steve Jobs ini jika diartikan secara bebas bisa jadi, pekerjaanku itu tidak mudah bagi kebanyakan orang. Pekerjaanku adalah membuat mereka semua menjadi lebih baik.

*

Ini bukan soal gaya-gayaan ya. Tapi, asli ini benar. Seperti yang sudah diketahui semua, pekerjaanku adalah guru.

Guru adalah orang yang mengajar dan mendidik anak didik di sekolah, mulai dari tingkatan Playgroup, TK, SD, SMP, SMA sampai perguruan tinggi. Guru juga adalah seorang yang mempunyai gagasan yang harus diwujudkan untuk kepentingan anak didik, sehingga menjunjung tinggi mengembangkan dan menerapkan keutamaan yang menyangkut agama, kebudayaan dan keilmuan.

Guru bertanggung jawab terhadap perkembangan anak didik dengan mengupayakan perkembangan seluruh potensi anak didik, baik potensi efektif, potensi kognitif, maupun potensi psikomotorik. Seorang guru yang profesional adalah guru yang mempunyai fungsi dan tugas dalam lapangan pendidikan berdasarkan keahlian yang diperoleh melalui pendidikan dan latihan khusus di bidang pekerjaannya dan mampu mengembangkan keahliannya itu secara ilmiah di samping menekuni bidang profesinya yang ditandai dengan diterimanya tunjangan profesi untuk dirinya.

**

Menjadi guru jelas tidak mudah, mengakomodir puluhan anak dalam satu kelas itu butuh keahlian khusus yang tidak semua orang bisa. Bahkan latar belakang pendidikan sekarang pun harus sinkron, tidak bisa sembarangan. Bayangkan, mengurus anak sendiri di rumah saja butuh ketelatenan yang luar biasa. Apalagi harus menghadapi semua anak murid di sekolah setiap harinya.

Menjadi guru adalah panggilan jiwa. Apakah iya? Jelas iya. Tidak semua orang mau menjadi guru. Tugasnya berat. Apalagi di masa sekarang ini. Guru dituntut untuk bisa mewujudkan kompetensi murid abad 21.

Pertama, Critical Thinking. Anak-anak harus bisa berpikir kritis atau bisa berani mengungkapkan sesuatu dan tidak tertutup berpikirnya. Dan anak-anak yang berpikir kritis yang rasional ini yang bisa bersaing.

Kedua, Colaboration. Kolaborasi ialah kerjasama dalam hal networking (jaringan). Anak-anak selain harus berpikir kritis juga harus bisa bekerja sama dengan yang lain, baik itu dengan teman sebayanya (teman sekelas), teman yang lebih tua (kakak kelas) maupun teman yang lebih muda (adik kelas). Lebih jauh lagi pada tingkatan anak didik yang lebih tinggi, mereka harus bisa bergaul dengan banyak teman dalam organisasi-organisasi yang ada di sekolah. Lebih jauh lagi pada tingkatan capaian yang lebih tinggi, kolaborasi sangat dibutuhkan sekali sebab orang sukses dipengaruhi oleh networking-nya.

Kompetensi ketiga yakni Communication atau kemampuan berkomunikasi. Komunikasi akan mampu mendorong anak-anak untuk lebih melek pada perkembangan teknologi. Di mana saat ini eranya komunikasi via media sosial (medsos). Hal ini tentu saja harus didukung oleh komunikasi langsung yang baik pula. Agar anak pun menjadi anak yang bergaul di dunia nyata, tidak hanya sibuk berkomunikasi di dunia maya.

Kompetensi keempat ialah Innovation atau inovasi dalam kreativitas. Anak di abad 21 dituntut untuk bisa berinovasi dalam hal apapun. Jika kompetensi ini tidak dimiliki pada anak, maka ia dipastikan akan sulit bersaing di abad 21.

Kompetensi anak abad 21 bisa terlaksana dengan baik atas usaha dan perjuangan guru dengan kompetensi abad 21 pula. Apa sajakah kompetensi itu?

Jadi, jelas tidak mudah menjadi guru zaman now.

Iya, atau tidak?

***

#quotes
#Monday
#komunitasonedayonepost
#ODOP_6
#day45

#CleverNotes
Clever Class, Cilacap, 15 Oktober 2018: 05.42.
Ibu Jesi.

***

Postingan ini juga disertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community

#OneDayOnePost
#EstrilookCommunity
#Day3

****

Sumber referensi:
- https://tulisanterkini.com/artikel/artikel-ilmiah/9154-pengertian-profesi-guru.html
- https://www.google.co.id/amp/s/news.okezone.com/amp/2018/08/17/1/1937871/ini-4-kompetensi-yang-harus-dimiliki-anak-di-abad-21

Betty Clever
Betty Clever Lifestyle Blogger

19 komentar untuk "Quotes of this Monday"

  1. Menjadi guru harus sabarr y mbaa
    Salut buat semua teman2 guruu

    BalasHapus
  2. Waaaah saya angkat tangan mah kalau ditawari jadi guru. Kudu sabar dan punya dasar microteaching yang bagus

    BalasHapus
  3. Dulu profesi sng guru formal, sekarang resign dan jadi guru non formal buat anak sendiri.

    Semangat untuk teman2 guru, smg jd amal jariyah ya...

    BalasHapus
  4. Dulu profesi sng guru formal, sekarang resign dan jadi guru non formal buat anak sendiri.

    Semangat untuk teman2 guru, smg jd amal jariyah ya...

    BalasHapus
  5. Cita-citaku dulu menjadi guru..

    Tapi memang harus sabar dan kreatif ya, biar anak didiknya jadi pinter..

    BalasHapus
  6. Menjadi guru berarti berbagi kebaikan.

    BalasHapus
  7. Saya juga guru. Bismillah smg kita bisa sabar dan bernilai ibadah. Hehe...

    BalasHapus
  8. Menjadi guru memang tak mudah, tapi banyak pelajaran berharga tentunya... Semangat ^^

    BalasHapus
  9. Jadi kangen ngajar lagi...tapi kmrn dapet curhatan dari temen, katanya jadi guru sekarang banyak bikin laporannya, ngajarnya sedikit hahaha

    BalasHapus
  10. Aku juga pernah jadi guru les mba waktu kuliah, dan itu pekerjaan yang tidak mudah. Apalagi harus menghadapi karakter anak-anak yang lagi senang-senangnya main. Alhasil aku harus cari cara mengajar yang menyenangkan.

    BalasHapus
  11. Salut buat para guru yang dengan sabar menghadapi muridnya dengan berbagai macam karakter dan tingkah laku mereka.

    BalasHapus
  12. Cita-cita saya dulu bergelut di dunia pertanian.kalau akhirnya sekarang saya malah jadi guru jiga,ya udah.dinikmati hehehe...

    BalasHapus
  13. salut untuk para guru yang juga membantu mendidik anak-anak bangsa....

    BalasHapus
  14. Menjadi guru zaman sekarang tambah berat tantangannya dengan derasnya gempuran negatif dari gawai. Dibutuhkan kerja sama antara orang tua murid dan guru untuk mendidik anak, tidak bisa hanya guru saja.

    BalasHapus
  15. Jadi guru harus telaten Dan inovatif ya, Mba salut Sama guru,terasa setelah jadi guru juga harus hadepin anak, karakternya beda-beda.

    BalasHapus
  16. selalu salutttt dengan profesi guru! kerennnn mb! terimakasih untuk jasa-jasa luar biasanyaaa

    www.innaistantina.com

    BalasHapus
  17. Hidup Guru!

    Saya juga guru yang hampir pensiun hehehe...

    Yakinlah menjadi guru itu nikmat dan selalu merasa nano-nano. Semangat ya.

    BalasHapus