Quotes of This Saturday: Bunda Khadijah

09.00

Quotes of This Saturday
By Betty Irwanti

Behind every succesfull woman stands an amazed man. (Rewrite in adaption by Clever Notes from the quotes, Behind every succesful man stands an amazed woman).

Dibalik  setiap wanita yang sukses, berdiri seorang pria yang luar biasa. (Ditulis oleh oleh Clever Notes dari quotes yang berbunyi, Dibalik setiap pria yang sukses, berdiri seorang wanita yang luar biasa)

*

Saya tertarik dengan dua quotes yang amazing ini, se amazing para wanita dan pria sukses yang punya dukungan penuh dari pria dan wanita yang luar biasa.

Laki-laki dan perempuan-perempuan yang sukses dengan dukungan sepenuhnya dari pasangan hidup mereka yang syah dan sesuai fitrah, bukan yang lainnya.

Laki-laki yang bersedia izin kerja demi bisa merawat anaknya, karena agenda keluarga sedang tumpang tindih di hari itu juga. Laki-laki sabar yang dengan pengertiannya bisa memahami bahwa isterinya adalah abdi negara yang setia. Bahkan sebelum ia menikahinya.

Maka, jadilah perempuan yang memahami pula jika ingin dipahami dengan sebegitunya. Jadilah perempuan yang bisa mengerti apapun yang dilakukan suaminya, selagi masih dalam koridor kebaikan.

Menjadi pasangan yang demikian jelas tidak mudah. Seperti kisah Nabi Muhammad SAW, Sang Nabi Akhir Zaman. Beliau adalah orang hebat diantara orang yang paling hebat. Beliau memiliki isteri bernama Khadijah. Wanita ya hebat, Ummul Mukminin.

'Khadijah binti Khuwailid' (Bahasa Arab:خديجة, Khadijah Al-Kubra), (sekitar 555/565/570 - 619/623) merupakan isteri pertama Nabi Muhammad. Nama lengkapnya adalah Khadijah binti Khuwailid bin Asad bin Abdul Uzza bin Qushai. Khadijah Al-Kubra, anak perempuan dari Khuwailid bin Asad dan Fatimah binti Za'idah, berasal dari kabilah Bani Asad dari suku Quraisy. Ia merupakan wanita as-Sabiqun al-Awwalun.

Khadijah berasal dari golongan pembesar Mekkah. Menikah dengan Nabi Muhammad, ketika berumur 40 tahun, manakala Nabi Muhammad berumur 25 tahun. Ada yang mengatakan usianya saat itu tidak sampai 40 tahun, hanya sedikit lebih tua dari Nabi Muhammad. Khadijah merupakan wanita kaya dan terkenal. Khadijah bisa hidup mewah dengan hartanya sendiri. Meskipun memiliki kekayaan melimpah, Khadijah merasa kesepian hidup menyendiri tanpa suami, karena suami pertama dan keduanya telah meninggal. Beberapa sumber menyangkal bahwa Khadijah pernah menikah sebelum bertemu Nabi Muhammad. Khadijah dikenal sebagai wanita suci di zamannya tatkala di antara lingkungannya sudah kotor. Dia, Khadijah r.a betul-betul pilihan Tuhan yang dipersiapkan untuk menjadi istri Nabi Muhammad.

Peristiwa pernikahan Muhammad (SAW) dengan Khadijah (r.a) berlangsung pada hari Jum’at, dua bulan sesudah kembali dari perjalanan niaga ke negeri Syam. Bertindak sebagai wali Khadijah r.a ialah pamannya bernama ‘Amir bin Asad. Waraqah bin Naufal membacakan khutbah pernikahan dengan fasih, disambut oleh Abu Thalib sebagai berikut: Alhamdu Lillaah, segala puji bagi Allah Yang menciptakan kita keturunan (Nabi) Ibrahim, benih (Nabi) Ismail, anak cucu Ma’ad, dari keturunan Mudhar. Begitupun kita memuji Allah SWT Yang menjadikan kita penjaga rumah-Nya, pengawal Tanah Haram-Nya yang aman sejahtera, dan menjadikan kita hakim terhadap sesama manusia.

Khadijah (r.a) membuka isi hati kepada suaminya dengan ucapan: Hai Al-Amiin, bergembiralah! Semua harta kekayaan ini baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak, yang terdiri dari bangunan-bangunan, rumah-rumah, barang-barang dagangan, hamba-hamba sahaya adalah menjadi milikmu. Engkau bebas membelanjakannya ke jalan mana yang engkau ridhai.

Itulah sebagaimana Firman Allah SWT yang bermaksud: “Dan Dia (Allah) mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan kekayaan”. (Al Quran Surat Adh-Dhuhaa: ayat 8)

Alangkah bahagianya kedua pasangan mulia itu, hidup sebagai suami isteri yang sekufu, sehaluan, serasi dan secita-cita. Maka, tidak inginkah kita menjadi demikian. Meski kita jelas tidak akan bisa setara dengan mereka?

Bismillah. Mari berniat dan berusaha dari sekarang!

Iam proud you, my hero. Jose is my hero.

**

Sumber: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Khadijah_binti_Khuwailid

#575kata
#komunitasonedayonepost
#ODOP_6
#day50

#CleverNotes
Clever Class, Cilacap, 20 Oktober 2018: 08.57.
Ibu Jesi.

***

Postingan ini juga disertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community.

#OneDayOnePost
#EstrilookCommunity
#Day8

****

Lifestyle Blogger

Artikel Terkait

Previous
Next Post »