Persiapan PAS

09.17

Panduan Bagi Anak Agar Sukses Menghadapi Penilaian Semester, Dijamin Tidak Membuat Stres
Oleh: Betty Irwanti

Penilaian Akhir Semester (PAS) rutin dilakukan oleh pihak sekolah setiap 6 bulan sekali. Disela kegiatan PAS ada juga PTS (Penilaian Tengah Semester) setiap 3 bulan sekali. Jangan sampai kamu jadi stress ya, karena harus menjalani 4 kali penilaian utama dalam satu tahun, disamping penilaian-penilaian rutin yang akan dilakukan oleh para guru.

Penilaian akan berjalan lancar dan menuai hasil secara sukses jika kamu belajar secara efektif. Sudah efektifkah cara belajarmu?

Apakah kamu, seminggu menjelang penilaian masih ribut pinjam catatan untuk difotokopi, merasa putus asa melihat tumpukan buku dan catatan yang kamu tidak mengerti apa isinya, tidak mengerti ketika seorang teman mengajak diskusi tentang salah satu pelajaran, tetap asyik dengan basket dan kegiatan serumu yang lain?

Kalau 3 dari pernyataan itu kamu jawab YA, itu berarti kamu sama sekali tidak mempunyai sistem belajar yang efektif.

BANTING STIR SEBELUM TERLAMBAT

Walau lumayan terlambat, tapi setidaknya kamu masih mempunyai waktu dan harapan. Ayo, jangan buang waktu lebih banyak lagi.

Lakukan langkah-langkah ini dengan segera: lengkapi semua catatan, bereskan kamar agar bisa berkonsentrasi, rapikan meja belajar agar suasana menjadi segar, buat jadwal belajar setiap harinya, buat target agar semua materi bisa dikuasai (dibaca) dan hentikan sementara kegiatan non-belajar.

SUKSES MINUS STRES

Sudah belajar tapi tetap stres? Kurangi stres dengan persiapan ekstra, diantaranya:

1. 1-2 minggu sebelum jadwal penilaian, baca-baca dulu bahan ulangannya sekilas supaya kamu tahu apa saja yang harus dipelajari. Cek kapan jadwal penilaian akan dilaksanakan. 1-2 minggu sebelum itu kamu harus membaca materi secara keseluruhan. Gunakan teknik membaca cepat agar waktu bisa efektif.

2. Buatlah ringkasan di kertas untuk belajar menjelang hari penilaian. Ringkasan ini bisa dibuat dengan cara merangkum materi yang cukup panjang. Tulis ringkasan di kertas yang kecil sehingga bisa dibawa ke mana saja atau di pasang di tembok dekat meja belajar atau tempat tidur. Ini jauh lebih efektif daripada harus membaca full semua materi.

3. Ketahui bagian pelajaran/ soal yang belum kamu kuasai. Setelah ringkasan dibuat, otomatis kamu menjadi tahu. Bagian pelajaran yang mana yang sudah kamu kuasai dan yang belum. Baca ulang materi yang belum kamu kuasai.

4. Masih ada waktu untuk bertanya pada guru, teman atau siapa saja yang bisa membantumu. Ketika sudah membaca ulang materi tetapi kamu belum juga memahami, segera bertanya kepada teman. Atau jika kamu ingin lebih ingin memantapkan jawaban, kamu bisa tanyakan itu kepada gurumu. Atau yang paling mudah di zaman sekarang ini, carilah penjelasan di internet, niscaya kamu akan memperoleh banyak referensi di sana.

5. Jaga kesehatan dan perbanyak istirahat sehingga kalau kamu ngotot belajar sampai larut malam kamu mempunyai "cadangan" tenaga dan stamina. Menjaga kesehatan itu hal yang paling penting. Meskipun kamu harus belajar dengan ekstra demi mengejar semua materi. Namun, jangan sampai setiap malam kamu begadang setiap malam. Istirahatlah ketika tubuh sudah lelah. Berikan hak kepada tubuh untuk istirahat, perbanyak minum vitamin dan madu.

6. Kurangi kegiatan yang tidak perlu dan tidak ada kaitannya dengan urusan belajar. Sebentar lagi kamu penilaian, alangkah baiknya kamu fokus pada satu tujuan agar sukses pelaksanaan dan hasil. Hentikan sementara kegemaranmu main media sosial atau bermain game serta kebiasaanmu hangout yang tidak perlu. Simpan tenaga dan pikiranmu untuk penilaian, bukan untuk terus bersenang-senang. Bukankah ada pepatah, berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.

Selamat belajar ya. Mari bersiap. Penilaian Akhir Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/ 2019 sudah diambang pintu!

Good luck!

#Artikel
#PenilaianAkhirSemester
#KelasFiksiODOP6

#OneDayOnePost
#EstrilookCommunity
#November2018
#Day30

@Clever Class, Cilacap, 14 November 2018: 11.14.
Ibu Jesi.
Nyi Bejo Pribumiluhur.

Sumber gambar: dokumentasi pribadi.

#563kata

Lifestyle Blogger

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
Betty Clever
AUTHOR
1 Desember 2018 15.17 delete

Senin besok ya
Mari bersiap

Reply
avatar
Nurul Hidayah
AUTHOR
1 Desember 2018 19.32 delete

Tetap smangat and Sucses sll.

Reply
avatar
Pebri Ika
AUTHOR
2 Desember 2018 06.22 delete

Terima kasih petuahnya Bu Guru

Reply
avatar