Review Cerpen Lakon Hidup: Makplaaas Tiba-tiba Lupa

00.20

Review Cerpen Lakon Hidup
Oleh Betty Irwanti

*

Judul : Makplaaas Tiba-tiba Lupa
Karya: Edi A. H. Iyubenu
Dipublikasikan: Harian Jawa Pos
Tanggal : 11 November 2018
Alamat Link : https://lakonhidup.com/2018/11/11/makplaaas-tiba-tiba-lupa/

Tokoh: Hakim, Pengacara, Terdakwa
Konflik: Sidang Kasus Korupsi Dana APBD

Ide cerita, permasalahan umum negeri ini. Dimana kasus korupsi merajalela dan sidang atas kasus tersebut memang prosesnya sangat panjang. Cerpen ini menyajikan proses jalannya satu sidang dengan gelegar ringan yang bisa mengundang gelak tawa. Cerpen ini sangat komedi menurutku. Bagus begitu, istilah lainnya.

Latar cerita ini adalah di ruang sidang pengadilan, siang hari. Terdakwa di tanya perihal kasus korupsi dana APBD yang menjeratnya, tapi setiap di tanya jawabnya selalu, lupa. Makplaaaas, tiba-tiba lupa! Begitu. Jadilah kata-kata itu jadi jawaban setiap ada siapapun yang bertanya di dalam ruangan sidang itu. Terdakwa tidak mau disebut pencuri, ia hanya sedang khilaf saja, begitu katanya.

Rupanya, ilmu makplaaas tiba-tiba lupa ini adalah ilmu baru yang didapatnya setelah menonton Teater Gandrik dengan lakon Hakim Sarmin.

Sampai kemudian terdakwa menceritakan hal yang sesungguhnya. Terungkaplah bahwa ada 41 nama yang terlibat dalam kasus korupsi yang menyeret namanya kali ini. Secara tidak langsung juga menyebutkan bahwa ada diantara temannya yang serakah dan suka main perempuan.

Alur ceritanya sangat rapi dan runut, penulis benar-benar membawa pembaca pada diksi berkelas meskipun didominasi oleh bahasa Jawa yang kental. Good job buat Ayah Edi Iyubenu, ayahnya Mbak Diva, Owner Diva Press Yogyakarta.

Cerpen ini benar-benar segar dan menghibur. Jika ada kekurangan, bagiku hanya karena harus dipotong menjadi 7 pages dan itu sangat melelehkan karena harus melewati beberapa iklan yang berderet panjang. Dan saat membuat review ini, saya sampai harus screen shoot sampai belasan layar.

But, it is no problemo.

Good Job Boss Edi.

👌

**

#284kata
#TugasReviewCerpen
#LakonHidup
#KelasFiksiODOP6
#OneDayOnePost

#OneDayOnePost
#EstrilookCommunity
#November2018
#Day22

@Rumah Clever, Cilacap, 21 November 2018: 23.14.
Ibu Jesi.
Nyi Bejo Pribumiluhur.

Sumber gambar: www.lakonhidup.com

Lifestyle Blogger

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Nurul Hidayah
AUTHOR
24 November 2018 00.56 delete

Sangat melelahkan, menjawab tantangan. Apa pun hasilnya bisa lega dan puas.

Reply
avatar