Review Film Bollywood: Taare Zameen Par

00.25

Review Film
Taare Zameen Par
Oleh Betty Irwanti

Don't judges by it's cover
Jangan menilai sesuatu hanya dari tampilan luar

Quotes tersebut rasanya pas untuk menggambarkan karakter Ishaan, anak berusia 8 tahun di film ini. Ishaan dimainkan oleh artis India bernama Darsheel Safary.

Ishaan sendiri adalah anak yang dianggap "bodoh" oleh sebagian besar khalayak pada umumnya. Image anak pemalas, nakal dan idiot melekat. Dia anak yang tidak bisa membaca dan menulis, nilai jelek, sering membolos pula. Bayangkan apa yang akan kamu lakukan jika menjadi gurunya, mungkin geram sekali dibuatnya ya?

Orang tua Ishaan apalagi. Mereka akhirnya memindahkannya ke sekolah berasrama. Namun hasilnya masih nihil, sama dengan saat di sekolahnya yang dulu.

Sampai akhirnya ada seorang guru baru bernama Ram Shankar Nikumbh. Sosok guru ini sangat berbeda. Apa sajakah perbedaan guru ini dengan guru-guru Ishaan sebelumnya?

Pastikan kamu tidak melewatkannya, karena pemeran gurunya adalah sosok aktor terkenal asal Bollywood yang sudah tidak asing lagi. Dialah seorang Amir Khan. Aktor papan atas yang karyanya sering melejit dengan film-film yang berkwalitas, hingga meraih banyak penghargaan.

Taare Zamen Par dalam Bahasa Indonesia berarti Seperti Bintang-bintang di Langit merupakan film yang dirilis pada 21 Desember, 2007. Sedangkan DVDnya dirilis pada 25 Juli, 2008. Disutradari, dibintangi dan diproduseri sendiri oleh Amir Khan.

Film Drama Musikal ini berhasil membuat Amir Khan meraih penghargaan Best Director dalam beberapa ajang bergengsi bahkan sekelas Piala Oscar. Filmnya sendiri meraih the 81st Academy Awards Best Foreign Film category.

Film ini berdurasi 2 jam 45 menit, waktu yang panjang untuk menonton dalam satu kali duduk. Butuh energi dan emosi agar tak lekas dehidrasi. Eits, film India emang rata-rata begitu ya. Durasinya lumayan panjang. Tapi tentu saja tidak membosankan, kenapa? Karena dalam setiap film pasti ada nyanyian, tarian dan musik yang menawan. Inilah kelebihan setiap Hollywood Film yang tidak dimiliki oleh film dari penjuru negara yang lain.

Isi film ini bagus, lain daripada yang lain. Amanat yang dapat diambil adalah janganlah suka menjudges bahwa anak itu nakal, anak itu bodoh, karena sejatinya setiap anak adalah istimewa. Gunanya orang tua di rumah adalah mendampingi anak belajar tentang apapun di rumah. Anak yang satu tidak bisa dibandingkan dengan anak yang lain, karena setiap mereka tentu saja berbeda. Sama seperti manusia dewasa.

Ketika di sekolah, guru diharapkan dapat mengambil alih tugas itu dengan baik. Setiap anak itu cerdas, dengan bakatnya sendiri-sendiri. Gunakanlah beragam metode, cara maupun strategi agar anak yang istimewa pun merasa terdampingi, tidak dikucilkan hingga akhirnya dia pergi mencari jati diri sendiri.

Maka, jadilah orang tua yang bisa memahami apapun potensi anak. Kembangkan anak dengan cara yang bijak. Karena kitalah seharusnya yang paling mengerti mereka karena mereka lahir sebagai darah daging yang diamanahkan pada kita.

Jaga mereka dengan baik.

Cintai mereka dengan baik.

*

#TugasReviewFilm
#KelasFiksiODOP6
#OneDayOnePost

#OneDayOnePost
#EstrilookCommunity
#November2018
#Day18

@Rumah Clever, Cilacap, 19 November 2018: 23.45.
Ibu Jesi.
Nyi Bejo sang Pribumi

Sumber gambar: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Taare_Zameen_Par

#474kata

Lifestyle Blogger

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

12 komentar

Write komentar
makopako
AUTHOR
21 November 2018 08.44 delete

Ini salah satu film favorit saya mb. DItonton berkali-kali ga pernah bosan. Baca review mb bikin sy pgn nonton film ini lagi. Perlu bgt ditonton semua pendidik terutama ibu, karena ibu adalah pendidik pertama anak.

Reply
avatar
Suden Basayev
AUTHOR
21 November 2018 08.47 delete

Saya malah belum nonton. Padahal selalu suka film kangmas Aamir Khan.

Reply
avatar
amieopee
AUTHOR
21 November 2018 09.15 delete

jadi pengen nonton nih, buat pembelajaran guru menangani siswa bagus kayaknya

Reply
avatar
21 November 2018 09.59 delete

Film yang sangat inspiratif. Saya nangis nonton ini. bagus banget

Reply
avatar
Winarto Sabdo
AUTHOR
21 November 2018 17.26 delete

kayaknya... anak perempuan teman keponakan istri tetangganya mertua adikku pernah nonton deh... aku belum

Reply
avatar
Lia Anelia
AUTHOR
21 November 2018 18.52 delete

Film favorit aku....😍😍😍
Harus siapin tisu pas nontonnya, mengharu biru....

Reply
avatar
Lisa Pingge
AUTHOR
22 November 2018 05.46 delete

Waktu nonton ini sy kira junior dr 3 idiots itu loh Kak.

Reply
avatar
Nurul Hidayah
AUTHOR
22 November 2018 10.20 delete

Aku blom nonton sendiri

Reply
avatar
Nurul Hidayah
AUTHOR
22 November 2018 10.20 delete

Aku blom nonton sendiri

Reply
avatar
23 November 2018 06.59 delete

Aku juga belum nonton nih :( padahal film lawas yaa.

Reply
avatar
Pebri Ika
AUTHOR
25 November 2018 03.39 delete

Saya mewek di kosan dulu pas nonton film ini hiks

Reply
avatar