PAS SemangKA

08.17

PAS SemangKA
Oleh Betty Irwanti

*

Akhir November dan awal Desember, menjadi bulan yang sibuk bagi para siswa. Mulai dari tingkat SD sampai SMA mereka menjalani PAS (Penilaian Akhir Semester). Para guru juga tentunya akan sangat sibuk, mulai dari mengoreksi hasil PAS, mengolah nilai, menulis buku laporan hingga membagikannya.

Pada PAS kali ini jadwal per harian sedikit berbeda dengan semester-semester sebelumnya. Senin, 3 Desember 2018: Pendidikan Agama Islam dan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Selasa, 4 Desember 2018: PKN (Pendidikan Kewarganegaraan) dan Bahasa Indonesia. Rabu, 5 Desember 2018: Matematika dan SBK. Kamis, 6 Desember 2018: IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) dan Bahasa Jawa. Jumat, 7 Desember 2018: PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesenian). Sabtu, 8 Desember 2018: Bahasa Inggris.

Awal pelaksanaan, semua anak di kelas yang saya ampu berangkat semua. Alhamdulillah mereka semua sehat. Namun, kemarin ada dua siswa yang tidak masuk karena sakit. Ada juga dua anak yang sepertinya terindikasi sedang sakit tapi tetap memaksakan berangkat. Mereka yang tidak berangkat akan tetap mengerjakan tes penilaian jika mulai hari Senin besok, tanggal 10 Desember 2018. Ini sedikit memperlambat proses pengoreksian, kenapa? Karena saya baru akan mengoreksi jika semua anak sudah mengerjakan penilaiannya. Ini simple, supaya saya tidak dua kali mendayung.

Hari ini, saat mata pelajaran penting dan krusial di ujikan. Siswa yang kemarin terindikasi sakit benar-benar tidak masuk. Alhamdulillahnya dua siswa yang kemarin sakit dan tidak berangkat, hari ini masuk dan terlihat sudah sehat. Maka, saya harus bersabar menunggu yang masih sakit. Ini ujian bagi saya sebagai guru. Jika pun harus menduakali proses koreksi, saya rela, karena Matematika adalah mapel favorit bagi saya. Tangan saya akan gatal jika tidak langsung mengoreksinya. Karena sepagi ini juga saya sudah selesai membuat kunci jawabannya. Meskipun juga harus mengampu full kelas dua di sebelah.

Sehat-sehat ya anak muridku semua. Musim hujan telah tiba. Musim ujian telah tiba. Bersabarlah hingga ujian akhir semester ini selesai. Selepas itu kalian bebas. Silakan pergi berlibur atau bolehlah membantu bu guru untuk melatih adik kelasmu yang sedang persiapan untuk kegiatan lomba Pesta Siaga di pertengahan bulan depan. Sekolah kita ketempatan, untuk premium event sekecamatan. Lebih dari 40 sekolah akan datang, tunjukkan pesona kita sebagai tuan rumah yang baik, ramah dan berkompeten. Tunjukkan kita bisa meraih juara, meski hanya juara harapan.

Harapan itu selalu ada bagi manusia-manusia yang berusaha. Berusahalah yang terbaik untuk ujian kalian saat ini. Tunjukkan kalian adalah siswa yang bisa dibanggakan.

SemangKA ya, Nak!
Semangat karena Allah.

Karena Allah ada bersama setiap usaha manusia.

SemangKA, yess!

**

#KelasFiksiODOP6
#OneDayOnePost
#EstrilookCommunity
#Desember2018
#Day5

@Clever Class, Cilacap, 5 Desember 2018: 08.11.
Ibu Jesi.
Nyi Bejo Pribumiluhur.

Gambar: dokumentasi pribadi.

Lifestyle Blogger

Artikel Terkait

Previous
Next Post »