Tantangan Level 1 Read Chalenge ODOP


RESENSI WORK HAPPY


Judul Buku: Work Happy
(Kerja Nikmat Karir Melesat: 20 Strategi praktis untuk meraih karier yang gemilang)
Diterjemahkan dari WORK HAPPY
(Get The Job You Want, Love The Job You Have)
Karya: Andrea Molloy
Penerbit: Random House, 2005
Hak terjemahan Bahasa Indonesia ada pada penerbit Raih Asa Sukses
Cetakan I, Jakarta 2010
Tebal buku: vi + 252 hal

Buku ini menunjukkan cara memandu diri menuju karier baru atau untuk menikmati karier yang sudah dimiliki. Ditulis oleh Andrea Molloy, seorang direktur sekaligus pendiri Aspirations Ltd, yang memberikan jasa personal dan perusahaan untuk beragam klien. Ia telah terlatih dan terakreditasi oleh Akademi Pelatih Hidup (Australia). Ia juga anggota Federasi Pelatih Internasional, presiden Auckland chapter of the ICF tahun 2003.
Untuk keperluan penyusunan buku ini, penulis telah men-survei ratusan orang dan telah mewawancarai hampir seratus manajer SDM untuk mendapatkan penapat tentang pengembangan karier.
Riset saya menunjukkan bahwa hanya 21% dari responden survei yang benar-benar menikmati pekerjaan mereka. Ini berarti ada sebuah angka yang mencengangkan, yaitu 79% responden yang tidak puas dengan pekerjaan mereka. (halaman 16)
Dalam buku ini, penulis menggunakan model coaching GROW untuk membantu pembaca menentukan Goal (tujuan), menilai Realitas, mempertimbangkn sejumlah Options (pilihan), dan mengidentifikasikan Way (solusi).
Pembaca diajak membuat jurnal Work Happy untuk dapat merepresentasikan jawaban-jawaban atas tugas praktik yang ada dalam buku ini. Jurnal itu akan membantu pembaca menemukan beragam nilai diri yang dapat merubah pandangan negatif terhadap pekerjaan yang selama ini ditekuni. Pembaca juga diajak untuk bekerja lebih cerdas agar mendapatkan kepuasan bekerja.
Buku ini juga bisa jadi panduan bagi para pembaca yang sedang mencari kerja. Ada cara menyiapkan CV (Curriculum Vitae) yang memikat, merencanakan perburuan pekerjaan, memanfaatkan bursa kerja tersembunyi, menghadapi wawancara dengan penuh percaya diri dan cara mencapai kesepakatan terbaik.
Bagi para pembaca yang sudah bekerja buku ini juga bisa jadi pedoman dalam meraih keseimbangan, memenuhi harapan, berhubungan dengan orang lain, menangani stres dan memperbarui diri.
Sayangnya selain banyak kelebihan itu, buku ini masih ada kekurangannya. kesalahan pengetikan beberapa huruf banyak terjadi di halaman buku. Terutama typo pada huruf a yang seharusnya huruf kecil karena ada di tengah kata, itu ter-Caps Loks sehingga menjadi besar.
Selain kesalahan typo kata sapaan (Anda) yang digunakan terkesan sangat kaku. Mungkin karena buku ini bersifat sangat formal sehingga tidak mungkin menggunakan kata sapaan yang lain (kamu, misalnya).
So, far buku ini bagus.
Karier yang memenuhi harapan dan kepuasan tidak cukup direncanakan dalam poin yang amat terperinci, namun perlu dikembangkan... (halaman 238)
Selamat membaca!


##ResensiBuku
#WorkHappy
#TantanganLevel1
#RCO
#ReadChalengeOdop
#OneDayOnePost


Peresensi:

Betty Irwanti, S.Pd.SD.
Guru Kelas 6
SD Negeri Binangun 01 Kecamatan Bantarsari
Kabupaten Cilacap Propinsi Jawa Tengah
Kode Pos 53258

Betty Clever
Betty Clever Lifestyle Blogger

17 komentar untuk "Tantangan Level 1 Read Chalenge ODOP"

  1. Jangan Paketu, yang berat biar badan saya aja. Kckxkxkxk

    BalasHapus
  2. ini bukan tipe buku bacaan saya 😂 wuahaha ... tapi keren kayaknya isinya.

    BalasHapus
  3. Wahh teliti banget mba betty bacanya sampai tabu ada tipo 😂

    BalasHapus
  4. Bukunya keren. Tapi berat sepertinya...hihihi

    BalasHapus
  5. Keren buat nambah ilmu dan pengalaman buat para pekerja dan calon pencari kerja. Kalau buat wirausaha gimana ya? Hehehe 😆

    BalasHapus
  6. sepertinya menarik mbak... salam kenal ya mbak..😊

    BalasHapus
  7. Bukunya keren mbak Betty resensinya juga sama keren bgt

    BalasHapus
  8. Bukunya keren dan berbobot ya mbak😂

    BalasHapus
  9. Sepertinya benar bahwa lebih banyak orang yang tidak nyaman dengan pekerjaannya seperti yang disampaikan di buku ini.

    BalasHapus
  10. Wah... Kalo sukanya freelancer gimana?

    BalasHapus
  11. hampir sama dengan buku yg saya baca, tpi ini lebih berat kayanya :O

    BalasHapus