Kupat Kecemplung Santen

10.52


Ramadhan Writing Challenge
#RCO 
#Day15
#OneDayOnePost
#Ketupat

Ketupat adalah makanan, yang terbuat dari beras yang dimasukkan ke dalam anyaman pucuk daun kelapa, berbentuk kantong segi empat dan sebagainya, kemudian direbus, dimakan sebagai pengganti nasi. Itu ketupat dalam arti yang sebenarnya.

Ketupat dalam bahasa Jawa biasa disebut Kupat. Kata itu sering dipakai untuk penutup kalimat. “Kupat kecemplung santan, menawi lepat nyuwun pangapunten.” (Ketupat berkuah santan, banyak salah kata mohon dimaafkan.)

“Maafkan Ibu ya Yah, kemarin waktu ayah mau menginap ibu malah nggak bangun waktu sahur.”
“Lha, kan Ibu memang lagi nggak sahur. Jadi nggak aku bangunin?”
‘Iya, maksudnya kan kepengin mengantar begitu.”
“Lah, paling kamu mau nyium. Cium aja sekarang, pakai minta maaf segala.”
Ayah Jose sepertinya ke-GR-an.
Heheheh.

Segala kesalahan mohon dimaafkan. Jika saja setiap ada suatu masalah semua rebutan salah dan minta maaf tidak akan ada rame-rame viral yang tak tentu, semacam banyak kasus di Tv itu. Bikin pusing pala barbie, kan? Mendingan bikin flyer persiapa VCT saja biar ada gambaran apa yang mau disampaikan saat tugas jadi presenter nantinya.

Kemarin di sekolah sempat bikin satu flyer dan harus bikin satu lagi. Oke baiklah, mumpung BJ sedang tidur pula, semoga dia lelap jadi ibunya bisa semedi dengan sempurna.

Dan jreng... jreng... flyer kedua jauh lebih bagus dibanding yang pertama. Entahlah kenapa begitu. Mungkin karena yang pertama masih coba-coba. Yang kedua sudah lebih ke taraf belajar dari yang pertama.

Bebi Jesi saja banyak belajar lho di bulan Ramadhan tahun ini. Dia belajar bersosialisasi dan mengenal teman sebayanya. Ia jadi betah berlama-lama di masjid sambil menunggui ayahnya salat tarawih.

Sampai-sampai saking betahnya, ia sampai pup saat masih berada di masjid.
“Ibu, Jesi ee!”
Ibunya mendekat, mencium bau tida sedap kemudian.
“Ibu, Jesi minta maaf ya?”
“Nggak papa sayang,”
“Jesi mau wawik. Jesi manut...”
Ibunya menggendong Bebi kemudian lalu membawanya ke kamar mandi dekat tempat wudu. Iya, beneran. Bebi Jesi manut. Dia tidak menangis. Justru ia ceria, main air dan sibuk bercerita tentang sesuatu.
“Ibu, Jesi anak pinter ya?”
Ibunya bergeming, sibuk membersihkan kotoran yang menempel di tubuh puteri kecilnya.
“Jesi tadi lari-lari sama Mbak Tami. Terus main sapu. Terus Jesi nyapu. Terus main jaranan.”
Ibunya sudah selesai, “Jesi pakai celananya dulu ya?”
“He eh”
“Ih, Jesi memang anak pinter ih. Anaknya siapa sih?”
“Anak Ibu Betty... Irwanto”
“Hei...” jawab Ibu Jesi sambil mencium anak semata wayangnya.
“Ibu, Jesi gendong...”

Ibu Jesi menggendong Bebi kemudian, sambil sedikit kebingungan mau berbuat apa dengan popok instan yang bau ini.
“Jesi, main lagi sama Mbak Tami ya...”
Bebi Jesi turun dari gendongan. Ia melihat ada sesuatu yang bisa dijadikan pembungkus lalu ia berlari membuangnya ke tempat sampah yang terlihat sejauh mata memandang.

‘Maafkan aku harus membuangnya di situ, sebab aku tak mungkin membuangnya ke tempat biasa aku membuang sampah.’ gumam ibu Jesi sambil berlalu dan kembali menghampiri Bebi Jesi yang sedang berlarian dengan Tami dan teman-temannya.

“Ibu, Jesi mau cari ayah,”
“Boleh... itu ayah ada di depan”
“Yang kayak kemarin, Ibu?”
“Iya...”

Bebi Jesi berlarian. Dan ternyata dia sampai di pintu depan sebelah kanan masjid, mungkin Ayah Jose ada di sebelah sana. Sepanjang penglihatan mata Ibu Jesi, anaknya itu sedang mempraktikkan gerakan salat serupa jamaah salat tarawih yang bapak-bapaknya tinggal dua shaf saja. Eh, tunggu. Ibu-ibunya tinggal berapa? Satu-sua-tiga, alhamdulillah massih tiga shaf.

Ibu Jesi jadi rindu salat tarawih. Dan rindu tadarus lagi. Ketika nanti sudah sembuh dari menstruasi ia harus mengejar ketertinggalannya agar bisa tetap khatam sesuai target. Aamiin...

“Ibu, ayah sudah selesai salatnya?”
“Belum, sebentar lagi.”
“Jesi mau nungguin.”
“Iya, nanti nungguin Mbah Kakung juga.”
“Mbah Kakung sama Kakak?”
“Nggak, Kakak nggak tarawih?”
Bebi Jesi bergeming, sibuk memperhatikan anak-anak yang berlarian menuju tempat bedhug berada.

“Jesi mau nabuh bedug?”
“He eh”
Dia ikut berlarian, ibunya mengikuti dari belakang kemudian ia menengok ke dalam masjid.

“Jesi, itu Mbah Uti...”
“Mana?”
“Itu...” tunjuk Ibu Jesi sambil memeluk Bebi. BJ pun berlari menghampiri Mbah Uti kemudian kembali lagi.

“Ibu, bedhug suaranya keras. Jesi takut.”
“Kan belum ditabuh sayang, nanti suaranya terdengar keras kalau sudah ditabuh.”
“Jesi mau cari ayah...”
Bebi berdiri lalu berlari. Bebi oh Bebi... apa sih maumu yang sebenarnya?

“Jangan lari-lari Jesiii...”
“Iya, Ibu... Maaf... Jesi nggak lari-lari. Jesi jalan aja ya...”
“He eh.”

Tuh, kan. Bebi Jesi saja sering minta maaf. Apalagi Ibu Jesi dan Ayah Jose. Masalah sehari iu harus selesai hari itu, dan akan berakhir dengan minta maaf dan saling memaafkan. Insyaallah.

Minta maaf itu adalah kata-kata sakral. Lebih sakral lagi saat lebaran nanti. Semua berebut minta dimaafkan. Dan insyaallah semua juga berebut ingin memaafkan. Setelah minta maaf apakah kita akan membuat salah lagi?

Kan masih ada lebaran tahun depan, kita bisa minta maaf lagi kan?

Tuman...
Janganlah pernah berpikir demikian.

Memangnya kita yakin hidup kita akan sampai lebaran tahun depan?

Semoga saja ya...

Semoga lebaran tahun ini dan tahun depan serta depannya lagi kita akan temui dengan senang hati. Semoga lebaran tahun ini kita akan menemui sesuatu yang istimewa seperti malam Nuzulul Quran dan malam Lailatul Qadar. Malam yang lebih baik dari malam seribu bulan.

Semoga lebaran tahun ini kita juga akan menemui sesuatu hal yang penuh keberkahan dan kebaikan. Aamiin...

Eh, BTW ada yang istimewa lho kemarin. Saat sepulang sekolah, ayah sumringah sambil menunjukkan amplop putih.
“Ini buat nyaur Ibu Maya dulu apa Bu? Ayah kepikiran terus. Kan kita bakal ngambil lagi pacitan buat lebaran. Rikuh kalau kebanyakan.”
“Boleh-boleh...”
“Tapi Ayah belum ambil, je”
“Ya besok. Sekalian beliin kartu internet buat Ibu. VCT sudah mau on kayaknya. Riweh banget urusan sama signal.”
Ayah Jose mencium Bebi, jadinya BJ terbangun deh. Untung laptop sudah dimatikan. Aman... amaan.
Dan pagi ini, Ibu Jesi senyum-senyum sendiri saat membaca WA Grup Arisan Pejabat Terass, (ih ini yang menamai Bapak Harijono, S.Pd. MM. Hehehe, calon haji mabrur. Aamiin)
[20/5 13.23] Aa ayah Jose: Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh....
[20/5 13.23] Aa ayah Jose: Selamat siang semua.
[20/5 13.24] Aa ayah Jose: Monggo arisan.... Arisan.... Arisan....
[20/5 13.25] Aa ayah Jose: 😁😁😁😁
[20/5 13.26] Harijono Alaz: Walaikumsalam...Pa ws gajian pak
[20/5 13.26] Harijono Alaz: ??
[20/5 13.27] Pak Eka Alaz: Ngenteni gajian
[20/5 13.31] Harijono Alaz: πŸ˜†
[20/5 13.31] Harijono Alaz: Ya iya nungguin gaji paling ora akhir bulan
[20/5 13.31] Harijono Alaz: Gitu mbok
[20/5 13.31] Harijono Alaz: Ya lurr
[20/5 13.33] Pak Eka Alaz: Akhir bulan Juni
[20/5 13.33] Harijono Alaz: Awal bln juli
[20/5 13.34] Aa ayah Jose: 🀦🏻‍♂🀦🏻‍♂🀦🏻‍♂🀦🏻‍♂
[20/5 13.34] Harijono Alaz: Sabar rezeki ga kemana
[20/5 13.34] Harijono Alaz: Kok
[20/5 13.35] Aa ayah Jose: Arep go tuku klambi
[20/5 13.35] Aa ayah Jose: Go badan
[20/5 13.35] Aa ayah Jose: πŸ‘œπŸ‘ πŸ‘žπŸ‘—πŸ‘–πŸ‘•πŸ§₯πŸ’πŸ•Ά
[20/5 13.35] Pak Eka Alaz: Ngarep
[20/5 13.35] Harijono Alaz: Tuku klambi duite mamke disit
[20/5 13.36] Gani Aab Alaz: Putaran terakhir pas THR bsk aja gmana pak
[20/5 13.36] Harijono Alaz: Arisan ditunda sampe dengan waktu yang blm jelas
[20/5 13.36] Gani Aab Alaz: 🀭🀭 yg bner nih
[20/5 13.37] Harijono Alaz: Tahun depan pak ghani
[20/5 13.37] Aa ayah Jose: Thr udah sekarang bukan besok pak
[20/5 13.37] Gani Aab Alaz: THR sekarang pak? Yg bner?
[20/5 13.38] Bang Jarwo Alaz: Iya saya sudah dpt THR
[20/5 13.38] Harijono Alaz: Jangan mudah terpengaruh pak
[20/5 13.38] Harijono Alaz: Gosipp
[20/5 13.38] Harijono Alaz: Gosip
[20/5 13.38] Bang Jarwo Alaz: Asli john
[20/5 13.38] Bang Jarwo Alaz: Nek gelem ijolan THR pa
[20/5 13.38] Gani Aab Alaz: Asli kan ini? Bukan tahun lalu?🀭
[20/5 13.38] Harijono Alaz: Ini amplop gajian kemrn
[20/5 13.39] Harijono Alaz: Yuhh
[20/5 13.39] Bang Jarwo Alaz: Temenan luh ya saksine sing nang group luh
[20/5 13.40] Aa ayah Jose: Asli bukan quik count
[20/5 13.40] Harijono Alaz: Prettt
[20/5 13.40] Gani Aab Alaz: 😁.. tapi rekening ku blum ada pergerakan, masih bertahan diangka 40K πŸ˜„πŸ˜„
[20/5 13.40] Pak Eka Alaz: Slip THR satpam neng pos satpam mau sing nampani anhar
[20/5 13.41] Harijono Alaz: πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…
[20/5 13.41] Harijono Alaz: Jujur bgt
[20/5 13.41] Harijono Alaz: Q tembe krungguu
[20/5 13.41] Gani Aab Alaz: Ya dong harus jujur, nanti kan mengundang para dermawan seperti pak @⁨Harijono Alaz⁩
[20/5 13.41] Pak Eka Alaz: Ora percaya wa Anhar baen Nek ora yudhi
[20/5 13.41] Harijono Alaz: πŸ˜œπŸ˜œπŸ‘
[20/5 13.42] Harijono Alaz: Ya
Q rep mkt sore
[20/5 13.42] Pak Eka Alaz: Sing wis njiot gasik Edi
[20/5 13.43] Aa ayah Jose: Komandan tetep no. 01
[20/5 13.43] Aa ayah Jose: Ups... 🀭🀭🀭
[20/5 13.44] Aa ayah Jose: Situng itu pak....perlu di awasi
[20/5 13.45] Gani Aab Alaz: Harus merekrut relawan dlu pak klo mau mengawasi
[20/5 13.53] Harijono Alaz: πŸ˜†πŸ˜†
[20/5 14.41] Harijono Alaz: Siapp
[20/5 14.41] Harijono Alaz: Nunggu anda
[20/5 14.42] +62 857-9996-3164: Alhamdulillah....
[20/5 15.41] Gani Aab Alaz: Eh iya, rekening sdah berubah🀭
Gmana nih, arisannya diselesaikan skalian aja pa nda? Kasihan pak Joko dah nungguin😁 atau pak joko dah mengikhlaskan?🀭
[20/5 15.55] Harijono Alaz: Kayaknya....udah ikhlas pak
[20/5 15.55] Harijono Alaz: πŸ˜†
[20/5 16.00] Harijono Alaz: Ya ..monggo dirembug pd setuju mboten
[20/5 16.02] Harijono Alaz: Pribadi saya sih...??
[21/5 06.11] Aa ayah Jose: Iklas menunggu
[21/5 06.35] Harijono Alaz: Lg nunggu
[21/5 07.05] Betty Irwanti Joko: πŸ™„
[21/5 07.25] Aa ayah Jose: Hoak itu photo lama...
[21/5 07.32] Betty Irwanti Joko: Aku paham
[21/5 07.47] Harijono Alaz: Baruu
[21/5 07.47] Harijono Alaz: Tau

Bapak-bapak ternyata pada rumpi juga ya. Kirain emak-emak aja. Dan ternyata hilal THR sudah mulai nampak. Aasyiikkk....
Di grup Kelas Buku Solo Free Pejuang Literasi juga rame dengan topik yang sama, hehehe...
21/5 09.22] Rina Yuliani Pj PL: THR sudah cairrrrr. Yang mau ambil saja
[21/5 09.26] Betty Irwanti Joko: 
J
[21/5 09.28] Meilan Buku Solo PL: 
J
[21/5 09.33] Rina Yuliani Pj PL: Yang cair THR buat karyawan dulu, aku mah belakangggaannn
[21/5 09.33] Betty Irwanti Joko: Ayah sudah laporan kemarin sore 
J
[21/5 09.33] Betty Irwanti Joko: Aku kapan ya? 
J
[21/5 09.34] Rina Yuliani Pj PL: Segera. Nanti sore! . Aamiin 
JJ
[21/5 09.35] Betty Irwanti Joko: Amankan 
J

Alhamdulillah. Rezeki dari Allah.
Segala puji hanya bagi Allah.

@CleverClass, Cilacap, 21 Mei 2019: 10.46
Mulai menulis pukul 09.46.
Betty Irwanti Joko 
Ibu Jesi
Nyi Bejo Pribumiluhur
#1661kata


Lifestyle Blogger

Artikel Terkait

Previous
Next Post »