Tips Travelling Bersama Anak Ala Ibu Jesi

10.06



#Day3
#OneDayOnePost
#EstrilookCommunity

#Day3
#OneDayOnePost
#KomunitasODOP
#PjOprecOdop7
#GrupTokyo
#DosbingNAC

TIPS TRAVELLING BERSAMA ANAK ALA BLOGGER

Travelling adalah salah satu cara me time bersama blogger. Travelling itu berbeda dengan jalan-jalan atau sekedar hangout. Bisa jadi ada agenda khusus yang menyertai.

Kadang travelling membutuhkan persiapan jauh-jauh hari. Tapi, hari Minggu kemarin aku, puteri kecil dan suami tercinta nyatanya pergi travelling tanpa niat sebelumnya.

Kami pergi jalan-jalan sekalian ikut dalam acara bakti sosial pembagian air bersih yang diadakan oleh teman-teman suami. Alumni SMPN 1 Kawunganten angkatan tahun 1997-1998.

Kabar itu baru kudengar saat suami pamit pagi-pagi hendak menunaikan kewajiban rutin Salat Subuh bersama di sekolahnya. Sepulang dari sana beliau langsung cus ke lokasi pertama.

Nah, ceritanya aku dan puteri kecil akan ikut di agenda tempat yang kedua. Alhamdulillah, kenalan jadi bertambah. Silaturrahmi semakin membawa berkah.

Puteri kecil tanpa sengaja belajar langsung dari perjalanan kali ini. Kami mengajaknya mengomentari apapun sepanjang perjalanan kami. Saat tiba di lokasi pun kami mendampingi dengan segenap hati.

Puji syukur dia menikmati. Semua itu tak lepas dari apa yang sudah dibawa olehku spesial untuk Bebi Jesi? Apa saja yang kubawa saat travelling kemarin bersama Bebi Jesi. Berikut tipsnya aku bagikan, spesial untukmu yang bertahta di hatiku, eeaa (Eh...)

1. Bawa perlengkapan anak

Aku biasa membawa baju anakku ke manapun kami bepergian. Namanya anak kita tidak bisa memprediksi apa dan bagaimana aktivitasnya kemudian. Kadang mereka makan belepotan dan kostum segera harus diganti. Jadi, baju menjadi hal wajib yang harus kubawa kemanapun kami pergi.

Apa hanya baju? Tidak. Perlengkapan anak itu bisa berupa, dalaman (CD dan kaos dalam), tissue, tisu basah, topi, handuk, jarit, dan lain-lain. Buat apa dalaman? Ya tentu buat ganti kalau dalaman anak basah. Buat apa tissue dan tissue basah? Untuk menjaga kebersihan kan, apalagi kalau anak sedang flu dan full ingus. Bisa dibayangkan kalau tidak bawa tissue kan?

Jarit, itu apa? Jarit itu kain panjang yang biasa dipakai untuk menggendong anak. Bisa juga gendongan yang kekinian. Tapi kalau aku, malah tidak bisa. Kemanapun bawa Bebi Jesi ya gendongannya pakai jarit. Kalau kamu gendong anak pakai apa?

2. Bawa makanan

Makanan menjadi hal wajib selain baju dan perlengkapan anak. Apalagi jika kita menerapkan pola hidup sehat. Membawa bekal dari rumah adalah solusi paling cerdas, kan?

Tidak harus makanan mewah. Makanan yang sehari-hari di makan oleh anak itu jauh aku rekomendasikan. Kenapa? Karena itu otomatis akan dimakan oleh anak. Bukan makanan yang baru, yang kita tidak tahu anak mau atau tidak.

Ini juga solusi untuk menerapkan hidup sehat, mengurangi banyak jajan dan makan makanan instan atau makan yang banyak mengandung zat tambahan.

3. Bawa suami

Aku paling tidak bisa pergi kemana-mana sendirian jika membawa Bebi Jesi serta. Kecuali jarak dekat yang hanya butuh jalan kaki, aku pastikan bisa sendiri. Untuk bepergian jarak jauh, percayalah. Puteri kecil butuh pawang supaya kalau tiba-tiba dia merajuk, ibunya tidak ikut baper kemudian.

Aku biasa bawa suami ke mana-mana. Jadi, bisa dipastikan pula aku hanya bisa pergi saat weekend. Sebab kami sama-sama pekerja. Bedanya hanya pada soal jarak. Jadi, bisa dipahami ya jika aku hanya bisa pergi di akhir minggu?

Jika ada jadwal pergi pas hari kerja, pasti itu sudah atas izin atasan dan atas izin keluarga. Terutama suami dan Mbah berdua. Kenapa? Karena sejak puteri kecilku lahir, dia dimong sama embahnya. Izin dari mereka, diatas segalanya.

4. Bawa uang

Apa jadinya kalau pergi bawa anak kecil, tidak membawa uang? Bagaimana kalau dia tiba-tiba minta jajan. Betapa mumet yang jadi ibunya, tidak usah dibayangkan.

Aku biasa bawa uang receh ke mana-mana. Selain untuk persiapan kalau-kalau anak minta jajan. Juga untuk antisipasi supaya tidak bongkar dompet di tengah perjalanan.

Dompet biasa kusimpan di tempat yang aman. Kalaupun ia harus di bawa, aku selalu percaya. Dompet ayahnya Bebi Jesi bisa diandalkan. Lha wong sejak hamil sampai sekarang semua aset keuanganku beliau yang pegang. Kenapa aku harus repot bawa uang?

5. Bawa gadget

Ini semacam jurus terakhir. Ketika puteri kecil melihat ada yang pegang gadget, dia akan meminta juga. Dengan segala bujuk rayu, biasanya dia akan lupa pelan-pelan. Tapi, bagaimana jika ia merajuk dengan luar biasa? Gadget menjadi jawaban terakhir untuk itu semua.

Kami memberi batasan waktu minimal dan maksimal untuk penggunaan gadget. Biasanya, ia akan lekas bosan jika rasa penasarannya sudah hilang. Kami sudah menyetel gadget secara khusus. Gadgetku tidak ada youtube. Begitu pula gadget ayahnya. Di gadgetku Bebi Jesi hanya bisa melihat video dan foto.

Ada gadget lain yang kupasang youtubenya, kami juga menyediakan kuota. Tapi itu sebagai jurus akhir diantara yang paling akhir. Dan Bebi Jesi ternyata juga hanya menyimak acara untuk anak-anak. Baby TV, Omar Hana, Upin Ipin dan lainnya.

7. Bawa buku dan pensil warna

Puteri kecilku sudah mulai ribut ingin ikut belajar kalau ada anak yang belajar di rumah. Katanya, dia mau ngerjakan PR. Oke baiklah. Itu membuat kami, ayah dan ibunya membelikan buku dan pensil warna khusus.

Ketika saat travelling juga kami membawanya. Kenapa? Supaya tidak main gadget terus. Atau supaya kami punya cara untuk mengalihkan perhatiannya.

Buku yang kami bawa bervariasi, bisa buku hard cover, buku gambar atau Clever Book? Wah, apa itu yang terakhir. Itu buku yang ditulis Ibu Jesi.

8. Bawa obat atau multivitamin anak

Kenapa harus bawa obat saat travelling bersama anak? Karena cuaca sekarang sedang tidak menentu. Debu beterbangan di mana-mana. Kita antisipasi siapa tahu di jalan tiba-tiba anak pusing atau rewel. Bawa obat yang sudah cocok dengan anak. Kalau aku biasa bawa Sanmol, obat turun panas dan pereda nyeri.

Kenapa harus multivitamin anak? Supaya anak tidak ngemut permen terus. Anak biasanya suka banget sama permen. Sampai-sampai gigi grepes sebelum waktunya. Multivitamin anak dalam bentuk jelly gummy bisa jadi alternatif pilihan.

Sebenarnya masih banyak tips travelling bersama anak. Adakah yang mau menambahi?

Lifestyle Blogger

Artikel Terkait

Previous
Next Post »