Bagaimana Cara Agar Tubuh Selalu Sehat?

05.23




#Day6
#SatuBulanMenulisBuku
#CleverMom
#EstrilookCommunity

#Day36
#OneDayOnePost
#KomunitasODOP
#PjOprecOdop7
#GrupTokyo
#DosbingNAC

CARA MENJAGA AGAR TUBUH SELALU SEHAT

Sehat itu mahal. Apakah Clever People semua sepakat? Kalau Clever's Mom sendiri, jelas sepakat. Sehat itu jelas tidak murah.

Siapa yang ingin sakit, tidak ada kan? Clever's Mom juga maunya selalu sehat setiap saat. Apalagi di musim kemarau yang banyak debu seperti ini, saat cuaca tak menentu yang siang hari panas luar biasa dan malam hari, dinginnya sampai menusuk ke dalam tulang.

Kita harus selalu sehat, karena di dalam tubub yang sehat terdapat jiwa yang sehat,  maka sehat itu harus diperjuangkan. Demi semua keseimbangan. Semua ingin sehat jasmani dan rohani, kan? Lalu?

Apa yang bisa kita lakukan demi tubuh kita selalu bisa sehat?

Dilansir dari hellosehat.com, ada 10 cara menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit, yaitu: makan sayuran hijau, konsumsi vitamin D, olahraga rutin, minum teh hijau, tidur yang cukup, kelola stres, jaga kebersihan, bersosialisasi dengan lingkungan, konsumsi prebiotik dan hindari alkohol.

Kalau menurut Clever's Mom sendiri, ada 7 cara menjaga agar tubuh selalu sehat. Dan ini tulisan hasil membersamai Ayah Jose selama hampir 5 tahun lebih, berhasil mempertahankan kualitas kesehatan meski dilaju pulang pergi mengendarai kendaraan roda dua setiap hari menempuh jarak 41 kilometer dari Rumah Clever menuju SD Islam Al Azhar 16 Cilacap.

Berikut cara menjaga agar tubuh selalu sehat ala Ayah Jose (Joko Septiono) :

1. Konsumsi madu setiap hari

Madu adalah minuman yang memang dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw sebagai minuman untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Ayah Jose bahkan selalu membawa botol madu di dalam tasnya. Ia bagi mau yang ada di botol besar, ke dalam botol kecil agar bisa di bawa ke mana saja. Di semua tas-nya, ada botol madunya. Ini untuk mencegah lupa atau alasan sejenis yang membuatnya menjadi tidak meminumnya kemudian.

Ayah Jose selalu minum setiap hari, tanpa absen sekalipun. Ini menunjukkan keseriusannya dalam menjaga kesehatan, karena full Day bekerja dalam jarak yang luar biasa jauh.

Madu yang dikonsumsi adalah madu hasil dari Saung Madu Al Azhar. Hasil produksi bersama antara Yayasan Pendidikan dan Sosial Ibu Sina Cilacap, dan para petani lebah di daerah Jeruklegi, Cilacap sana.

2. Perbanyak minum air putih

Ini menjadi hal wajib selanjutnya. Ayah Jose biasa minum lebih dari delapan gelas per harinya. Bahkan beliau juga biasa membawa botol air mineral ke mana-mana. Termasuk di dalam tas kerjanya yang juga ada beberapa.

Setelah minum madu, beliau langsung minum air putih. Jadwal rutin yang Clever's Mom catat, Ayah Jose bisa dipastikan minum satu gelas air hangat, pagi hari saat bangun tidur sebelum mandi pagi, kira-kira jam setengah empat. Tepat setelah sampai di sekolah, beliau juga akan minum dari botol air yang di bawanya atau dari air minum yang disediakan di tempat kerjanya.

Pulang kerja, beliau pasti minum air putih begitu sampai di rumah Clever. Sehabis makan malam, dua gelas. Sebelum tidur dua gelas.

3. Makan tepat waktu

Ini yang kadang-kadang aku suka bawel untuk mengingatkan beliau saat sebelum berangkat kerja. Kuusahakan menemaninya mempersiapkan membuat bekal di pagi hari. Atau jika tidak, aku akan memonitor apakah beliau sudah makan atau belum siang ini? Atau apakah beliau sudah sarapan atau belum, pagi ini.

Kalau soal makan tepat waktu, aku biasa disiplin soal ini. Sebab makan telat hanya akan memancing banyak keluhan dengan organ pencernaan dan segala konsentrasi. Percayakah Clever People, sarapan tepat waktu di pagi hari akan meningkatkan kecerdasan empat kali lipat? Lihat saja iklannya di televisi, ada kok di sana.

Makan tepat waktu, tidak harus makan berat ya Clever People. Makanlah makanan yang sehat dan kurangi makanan instan. Makanlah makanan yang di masak di rumah, jika itu memungkinkan.

4. Konsumsi minyak ikan

Minyak ikan ini murah lho? Percaya tidak? Ayah Jose pernah membeli satu botol isi 50 butir harganya hanya lima puluh lima ribu rupiah saja. Bayangkan berapa lama beliau harus menghabiskannya kemudian? Untuk satu bulan cukuplah, bahkan bisa lebih.

Minyak ikan terdengar cukup akrab pasti di telinga Clever Moms semua. Kandungan nutrisi yang baik bahkan, banyak digunakan untuk mengisi kandungan gizi pada susu anak-anak mulai usai 3 tahun.

Apakah minyak ikan juga diperlukan oleh orang dewasa? Jelas perlu. Karena kita semua masih membutuhkan semua nutrisi untuk tubuh kita. Efek yang kulihat pada Ayah Jose saat meminum minyak ikan ini adalah nafsu makan meningkat, membuat beliau cenderung terlihat subur kemudian.

5. Kurangi makanan instan

Nah lho? Siapa yang masih suka makan mie instan? Kopi instan? Apapun yang juga serba instan. Kalau ini aku bisa jadi masih ikut angkat tangan.

Seharusnya di usia yang sudah tiga puluhan, makanan instan ini mulai dikurangi. Termasuk untuk membeli makanan siap saji saat kerepotan melanda karena banyak kesibukan di dunia nyata. Ini bisa jadi alasan Clever Moms semua untuk memudahkan langkah dan cara.

Tapi percayalah, Moms. Makanan instan yang menjadi idola saat ini suatu saat harus kau hindari. Karena makanan instan itu berbahaya bagi kesehatan. Sebab apa? Sebab banyak bahan tambahan makanan di sana. Ada pengawet, penyedap, pewarna dan banyak lagi yang lainnya.

6. Perbanyak sayur dan buah

Banyak sayur dan buah akan membuatmu sehat. Pada jenis sayuran tertentu yang banyak mengandung vitamin E, akan juga berefek pada kulitmu. Kulitmu menjadi sehat kemudian.

Buah, yang berwarna cerah, merah dan orange jelas itu mengandung banyak vitamin C. Coba Clever Moms makan tomat setiap hari, niscaya Moms semua bisa sehat, cantik dan langsing sepanjang masa. Cie, elah. Lebah kali nih akunya.

Lho, lha iya lho. Tomat itu solusi tepat untuk Moms semua yang ingin sehat tanpa perlu banyak biaya. Makan saja tomat setiap hari. Kandungan karbohidratnya kan sangat sedikit, sesedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk membelinya. Coba berapa harga satu kilogram tomat sekarang ini? Di sini, hanya dua ribu rupiah saja. Super woow kan ya?

Sehat itu murah, jika kau tahu caranya.

7. Rutin beribadah dan berdzikir

Nah, sehat itu juga tak melulu soal jasmani dan tubuh atau badan saja. Rohani dan jiwa juga perlu diusahakan adanya. Apalah artinya sehat jasmani tanpa sehat rohaninya. Apalah artinya sehat jiwanya tanpa sehat raganya. Semua harus bersinergi , agar hidup bahagia akan mengisi hari-hari.

Rutinitas beribadah setiap hari, agar jiwamu sehat. Raga yang sehat akan sangat membantu kesehatan pikiran dan perasaan. Bagaimana tidak? Percayalah, hidup itu ujian. Ujian itu akan datang selama raga masih di kandung badan.

Berdzikirlah setiap waktu, agar hatimu tenang. Saat tubuhmu sehat tapi otakkmu mulai lelah menghadapi semua keadaan, kembalilah mengingat Allah swt dengan dzikir dan salat. Karena dua cara itu adalah cara terbaik menjaga kesehatan rohani diri.

Karena di dalam jiwa yang sehat terdapat tubuh yang kuat. Karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Men sana en corpore sano.

Iya to?

Keep young with a natural approach!

Keep Calm and Strong!

Lifestyle Blogger

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

6 komentar

Write komentar
catatanatiqoh
AUTHOR
11 Oktober 2019 11.29 delete

rapi bikin resensinya hehee.. rajin bangget hehe jd penasaran sama bukunya :)

Reply
avatar
11 Oktober 2019 14.12 delete

Terima kasih kak informasinya, bermanfaat sekali.

Kak mau tanya, untuk air putih, apa harus air mineral atau bisa juga air yg direbus?

Reply
avatar
11 Oktober 2019 17.45 delete

Bagus sekali Kakak, #semangat

Reply
avatar
Amanda Linhan
AUTHOR
11 Oktober 2019 19.34 delete

Terima kasih infonya yaa

Reply
avatar
Mak 'Nces
AUTHOR
11 Oktober 2019 20.36 delete

Sips tips nya mbak

Reply
avatar
Aysafitri114
AUTHOR
13 Oktober 2019 10.30 delete

Gemar hidup sehat 💪💪

Reply
avatar