Target Harian Ala Clever's Mom

11.50
#Day10
#SatuBulanMenulisBuku
#CleverMom
#EstrilookCommunity

#Day40
#OneDayOnePost
#KomunitasODOP
#PjOprecOdop7
#GrupTokyo
#DosbingNAC

SHARE KEGIATANMU SEJAK PAGI

Alhamdulillah, tidak terasa sudah melewati sepuluh hari pertama di bulan Oktober. Masuk minggu ke-41 dari lima puluh dua minggu yang akan sempurna mengisi waktu di tahun 2019 ini.

Selamat datang bulan-bulan akhir di tahun ini. Selamat datang triwulan ketiga di semester terakhir tahun ini. Selamat tinggal semua keburukan, selamat datang semangat yang senantiasa terbarukan.

Tidak terasa sudah hampir lima pekan rutinitas Ngodop ini membersamai hari-hari. Hari di mana kita menjalankan segala rutinitas dan aktivitas disertai tantangan menyelesaikan semua rintangan yang menyertai.

Percayalah, hidup itu ujian. Niatkan semua untuk beribadah di seratus hari terakhir tahun ini. Persiapan menjelang tutup tahun pun bisa jadi sudah banyak dilakukan di sana sini, baik di media sosial maupun di dunia nyata. Mari sama-sama siapkan diri sejak saat ini.

Ah, rasanya Clever's Mom belum memikirkannya. Yang dia pikirkan sekarang adalah bagaimana menjalani hari demi hari di tahun ini dengan banyak kegiatan yang menenangkan jasmani dan rohani. Meski banyak sekali agenda yang berubah secara signifikan di awal bulan ini.

Sok banget sih aku nih. Ah, rasanya tidak berlebihan. Aku masih juga membersamai sang suami mengikuti kelas menulis bergengsi.

Ibu Jesi ingin berubah menjadi lebih baik, diawali dari diri sendiri, diawali dari hal yang kecil dan harus dimulai segera, atau saat ini. Semoga saja dia bisa istiqamah, tidak hanya niat belaka yang tersisa.

Sebab istiqamah itu jauh lebih susah seperti tertuang di banyak kisah.
Ini bukan kisah yang heroik, apalagi kisah yang dramatik. Ini hanya cerita tentang bagaimana Clever's Mom mengatur waktu dan memaksimalkan semua kegiatan setiap harinya.

Berikut ini referensi maksimalisasi kegiatan versi Clever's Mom dengan target harian menulis lima halaman untuk event satu bulan menulis dari Estrilook Community yang sumber awalnya dari grup WA Ayah Jose kemudian disesuaikan di event RWC kemudian saat ini, penyesuaian kembali terjadi.

Semoga bermanfaat!

Referensi Target Harian Ala Clever's Mom


  • 03.30-04.30
  1. Bangun tidur, menyiapkan bekal untuk Ayah Jose (menyesuaikan)
  2. Memulai beberes, mandi dan bersiap salat subuh
  3. Tilawah dimaksimalkan dan menjaga Kakak Jesi yang masih tidur (menyesuaikan)
  • 04.30-06.30
  1. Melanjutkan beberes sambil menjaga Kakak Jesi
  2. Mengurus Kakak Jesi
  3. Persiapan berangkat kerja
  • 06.30-14.30
  1. Salat Dhuha dan tilawah (menyesuaikan)
  2. Kerja nafkah halal sambil menemani Grup Tokyo
  3. Hindari dusta (Meski Bercanda), Ghibah, Piktor.
  4. Salat Dhuhur
  • 14.15-16.00
  1. Qailulah (Tidur sejenak) niatnya sambil ngelonin baby sambil berharap semoga tidak ikut tertidur.
  2. Menyusun draft tulisan (jika tidak ketiduran) sambil menjaga Kakak Jesi
  3. Jika Kakak Jesi tidur sebentar biasanya ke Toko Ibu Maya sambil bantu-bantu sambil mengobrol tapi tetap menghindari dusta (Meski Bercanda), Ghibah, Piktor.
  4. Beberes sore
  • 16.00-18.00
  1. Membantu memasak jika Kakak Jesi manut.
  2. Mandikan Kakak Jesi, mandikan Mamas Fatih, dan mandi sendiri
  3. Ayah Jose pulang, beliau langsung mandi
  4. Salat Asar
  5. Family time
  • 18.00-19.00
  1. Salat Maghrib
  2. Tilawah
  3. Salat Isya
  • 19.00-20.30
  1. Family time
  2. Menjaga Kakak Jesi (Menidurkannya)
  • 20.30-tak tentu
  1. Mengobrol berdua atau dengan keluarga
  2. Menulis dan mengedit juga memosting jika tulisan sudah siap.
  3. Menyimak medsos atau membuat pernik tulisan
  4. Tidur


Kenapa sampai waktu tak tentu, karena Clever's Mom akhir-akhir ini sering tidur akibat ketiduran saat ngelonin Kakak Jesi. Padahal bulan kemarin aku biasa baru tidur selepas pukul 01.00 sebab sebuah niat ingin memiliki buku solo ketiga dan keempat. Nyatanya, bulan ini karena fokus di tugas negara yang luar biasa menantang, akhirnya banyak draft yang belum tuntas dan sempat diselesaikan.

Clever's Mom harus memformat ulang dan memikirkan timelinenya dengan detail agar target bisa finishing satu atau dua buku lagi sampai akhir tahun ini. Dan sungguh semua yang terjadi di tahun ini, di luar espektasi meski niat untuk membuat PTK (Penelitian Tindakan Kelas) demi persyaratan kenaikan pangkat belum juga bisa terealisasi. Semoga awal tahun depan sudah bisa dimulai.

Mari Selesaikan Tantangan Raih Kemenangan!

Jangan tanya bagaimana aku mengisi hariku, karena semangat itu akan mengalahkan segalanya. Berat! Biar aku saja. Cukup dukung dan do'akan aku, agar Clever's Mom ini selalu bisa konsisten pada setiap niat dan semuanya.

Coba Clever People simak, seperti kata Eka Kurniawan, penulis hebat yang akhir-akhir ini viral karena menolak menerima hadiah suatu kejuaraan menulis meskipun dia memenangkannya.

Quote for today by Eka Kurniawan:

"Saya sering menemukan manusia, yang bercita-cita ingin menjadi penulis, dengan segudang gagasan yang tumpah-tindih. Ketika diajukan pertanyaan sederhana, “Persoalan apa yang ingin kamu sampaikan?” ia tak mampu merumuskannya. "

"Jika pendidikan dasar kita mencapai titik menulis adalah berpikir, dan membaca adalah menemukan pikiran orang lain, saya yakin kita tak butuh-butuh amat kelas menulis dan segala workshop. Kita dengan mudah menemukan diri kita menulis dengan gampang."

"Jika Anda berharap ingin belajar menulis, belajar sendiri atau belajar kepada orang lain, saya sarankan Anda belajar berpikir secara benar. Pahami tata-caranya. Pahami beberapa aspek logika. Juga pahami kelemahan-kelemahan perkakas kita."

"Jika kita belajar dari penulis lain, katakanlah dari Shakespeare, kita tengah mempelajari bagaimana ia berpikir, dan sadar tidak sadar, kita mencoba merumuskan sendiri pikiran kita."

“Aku tidak memilih waktu tertentu untuk membaca. Setiap aku punya waktu luang, aku membaca. Kapan saja, di mana saja. Pulang ke rumah, sebelum tidur, aku membaca. Bangun pagi, aku membaca dulu. Pokoknya, ketika tidak melakukan apa-apa, aku membaca buku. Atau, ketika aku sedang tidak ingin bermalas-malasan, aku membaca. Aku kadang-kadang memang hanya ingin bermalas-malasan. Di luar itu, setiap punya kesempatan, aku membaca. Lima atau enam halaman. Justru aku biasanya tidak membaca buku ketika sedang dengan sengaja ingin jalan-jalan. Aku ingin jalan-jalan saja. Karena, aku merasa buku justru jadi gangguan. Membaca membuatku tidak bisa melihat apa-apa yang lain.”

Mantap kan?
Mantapkan dirimu kemudian!

Lifestyle Blogger

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

6 komentar

Write komentar
15 Oktober 2019 09.12 delete

mantap mbak, keren nih manajemen waktunya.

Reply
avatar
15 Oktober 2019 10.25 delete

Keren sekali Kakak, sangat menginspirasi #semangat

Reply
avatar
Reno Danarti
AUTHOR
15 Oktober 2019 19.15 delete

Keren kakak yg satu nih, salam dari kairo 🤩

Reply
avatar
15 Oktober 2019 21.58 delete

Weleh... Weleh... Ciamik Mbak Bet! Really... Really clever mom.

Reply
avatar