Tips Mencari Jodoh Ala Novel Isa Bella by Clever's Mom

12.15



#Day12
#SatuBulanMenulisBuku
#CleverMom
#EstrilookCommunity

#Day42
#OneDayOnePost
#KomunitasODOP
#PjOprecOdop7
#GrupTokyo
#DosbingNAC

TIPS MENCARI JODOH

Jodoh adalah orang yang cocok menjadi suami atau istri; pasangan hidup; imbanganatau sesuatu yang cocok sehingga menjadi sepasang; pasangan. Itu kata Kamus Besar Bahasa Indonesia. Juga untuk kata yang mengiringinya, misal berjodoh: cocok bersuamikan (beristrikan) dengan, kawin. Menjodohkan: menjadikan dua hal (orang, barang) sebagai pasangan; mengusahakan (menjadikan) bersuami istri, mengawinkan. Perjodohan: perihal jodoh atau menjodohkan; perkawinan;. Memperjodohkan: menjodohkan. Penjodoh:  yang menjodohkan. Sejodoh: sepasang.

Jodoh Adalah bagian dari rahasia takdir. Takdir yakni ketentuan Allah yang telah ditetapkan semasa manusia masih berada di dalam rahim, sebagaimana halnya rezeki dan maut. Jodoh Anda telah ditakdirkan oleh Allah, dan dia tidak akan kemana-mana. Tetapi jodoh tidak akan datang kalau tidak dicari. Sama halnya dengan rezeki. Rezeki tidak bakalan diraih kalau tidak diusahakan.

Dilansir dari santrinow.com, Jodoh adalah suatu anugerah yang oleh sang pencipta dikirimkan kepada Clever People semua. Kalau ada sebagian orang yg menafsirkan jodoh itu akan tiba dengan sendirinya, tidak masalah. Tapi asal jangan lupa, bahwa jodoh itu bukan untuk ditunggu melainkan dicari.

Jodoh itu sama dengan takdir yang sudah dituliskan Allah di kitab lauhul mahfudz. Jodoh, rezeki, dan kematian datang melalui aneka macam cara. Anda hanya memilih dan menjalani. Kalau Clever People memilih (menikah) dengan si “A” sebagai jodoh, maka Allah takdirkan si “A” menjadi jodohmu. Tetapi ketika Clever People memilihnya bercerai, bukan berarti si “A” tidak jodoh denganmu, melainkan karena Clever People tidak bisa mempertahankan jodoh yang sudah dipilih berdasarkan jutaan jodoh yang Allah sediakan buatmu. Pilih salah satunya dan jagalah jodohmu.

Ah, bagaimana aku menjaganya? Bertemu jodoh saja belum kok ya?

 “Kalau sudah berjodoh, takkan lari ke mana. Kisah yang didasarkan pada kisah nyata ini begitu menginspirasi, khususnya para jomlo di luar sana, yang tengah dirundung bimbang perihal jodoh. Kisah Isa Bella yang ditulis Mbak Betty Irwanti ini seolah menggelitik hati kecil pembaca bahwa bagi Tuhan tak ada yang terasa mustahil meski perbedaan waktu serta jarak ribuan mil memisahkan dua manusia yang tengah dirundung asmara. Melalui pengalaman, manusia lebih cepat belajar, baik itu pengalaman diri sendiri maupun milik orang lain.Mari saling berbagi apa yang dialami supaya pelajaran yang didapat , tidak berhenti di satu kepala. Jadi, baca pengalaman manis dalam buku ini juga, ya!”

Begitu kata Mbak Dymarconik Ummaha Ulfa tentang novel berjudul Isa Bella yang merupakan buku solo perdanaku. Buku solo yang kutulis sebagai bukti bahwa mencari jodoh itu butuh waktu, banyak perjalanan dan rintangan juga tantangan di dalamnya. Itu semua yang menjadikan alasan agar kita selalu menjaga ikatan cinta yang telah dridhoi oleh-Nya.


Tanpa sengaja, di dalam novel Isa Bella tersimpan banyak tips untuk mencari jodoh. Apa saja? 

Berikut Tips Mencari Jodoh Ala Novel Isa Bella by Clever's Mom (Betty Irwanti):

  • Bergaul

Hingga di akhir bulan Agustus 2006, kami dipertemukan kembali dalam sebuah susunan panitia temu alumni dan sunatan masal. Aku sebagai sekretaris, sedangkan Isa sebagai humasnya. Kami berdua sering membahas agenda bersama Mbak Naya, teman SD Isa sendiri. Rumah Mbak Naya juga tak jauh dari rumah Isa, sekitar seratus meter, kami menjadikan rumah itu sebagai markas. Tempat melaporkan semua kemajuan dari kegiatan yang sedang kami jalankan.

  • Dijodohkan atau dicomblangkan

Apakah Isa dan aku memang cocok satu sama lain? Apakah Isa dan aku memang telah dipasangkan oleh Tuhan? Sungguh pertanyaan yang perlu mendapatkan jawaban.
"Aku janji padamu, Bella. Suatu saat jika kamu memang benar-benar berjodoh dengan Isa. Aku yang akan membuatkan gaun untukmu saat pernikahan kalian."

  • Bisa jadi jodohmu adalah tetanggamu

Isa Muhammad, itu nama lengkapnya. Dia biasa disapa dengan panggilan, Isa. Kami bertetangga. Rumah kami sebenarnya hanya dipisahkan oleh sebuah jalan besar. Rumahku persis berada di gang masuk sebelah kiri, sedangkan rumahnya ada di depan masjid. Kakeknya adalah imam masjid yang berada di depan rumahnya itu. Dahulu, sewaktu aku masih kecil, setiap hari mengaji di masjid dan dibimbing oleh kakeknya, eyang Baedi namanya. Lingkungan biasa memanggil kakeknya Isa dengan sebutan itu.

  • Bersabar

Dear, Bella.
Aku paham apa maksudmu. Tapi tak serta merta itu membuatku bisa mengabulkan permintaanmu. Kadang jarak membuat kita menjadi lebih memahami bahwa saat dekat ternyata kebersamaan itu mahal harganya. Banyak harga yang harus dibayar agar kita bisa selalu bersama.
Aku paham maksudmu. Tapi kadang semua keinginan bisa saja tak semuanya harus sesuai harapanmu
Bersabarlah.

  • Bersedekah

“Tenang Bella, urusan utangan itu adalah urusanmu dengan orang tuamu. Urusanmu yang diniatkan untuk membahagiakan mereka. Insyallah, Allah akan menambah keberkahan hidup kita kelak. Percayalah. Aku tidak apa-apa. Justru aku senang, punya calon istri yang berniat baik seperti itu. Niatkan saja, Birrul Walidain, ini ungkapan bakti kita untuk mereka.”

  • Belajar ilmu tentang pernikahan untuk bekal

Buku ini meramu pengetahuan yang sangat dibutuhkan oleh pengantin baru serta mereka yang ingin menyegarkan kembali pernikahannya agar lebih bermakna. Dikemas dengan bahasa yang mengalir, lincah dan cerdas. Kado Pernikahan untuk Istriku menjadi bacaan yang paling banyak diminati pasangan suami istri semenjak terbit pertama kali tahun 1998.

  • Berdo’a

Aku memohon ampun pada Illahi Rabbi, atas segala kesalahan yang melekat pada diri. Atas segala kekhilafan yang menggelayut jasmani. Agar langkahku dibersamai dalam rangkai menemukan lelaki sejati. Ya, lelaki sejati. Lelaki yang dengan segenap hati mencintai. Lelaki yang akan sepenuhnya kucintai.
Tuhan, bukakanlah jalan itu. Jalan untukku kembali jika memang Isa jodohku. Tunjukkan jalan jika dia memang jodohku.

  • Bertawakal

Ya Allah, sehatkan kembali Mamakku. Sehatkan kami semua selalu. kami hanya bisa berpasrah pada-Mua atas apapun yang sudah dan akan terjadi. Jagalah Kakak seperti Engkau menjaga aku dan Mamak. Jagalah Bapak seperti Engkau menjaga Mas Isa. Lindungilah keluarga kami, Ya Rabbi. Lancarkan dan sukseskan apa yang sudah kami rencanakan ya Allah, hanya pada-Mu kami berserah.

"Walau terpisah jarak, percayalah, jodoh pasti bertemu. Kisah Isa Bella layak dibaca terutama bagi kamu yang sedang menanti jodoh dan tidak pernah putus asa mengharapkan kehadiran cinta sejati." Muyassaroh, Blogger Professional, Penulis artikel aktif dan buku Agar Suami Tak Mendua, Pendiri Estrilook Community

"Sebuah romansa yang mengharu biru. Novel ini menghadirkan kisah keajaiban cinta. Patut dibaca oleh siapa saja yang ingin tegar menanti cinta." Ririn Rahayu Astuti Ningrum, PNS Guru, Penulis Lintang Langit Pada Senja, penulis produktif lebih dari 50 buku.

“Dalam satu hubungan, apapun itu, ujian selalu ada.  Dalam cinta, Isa dan Bella membuktikan bahwa mereka bisa melalui semua itu. Buku ini recommended banget untuk kamu yang masih jomlo maupun yang sedang memperjuangkan jodoh.” (Kayla Mubara - Penulis Buku Taaruf, Khitbah, Nikah & Malam Pertama, Founder #eLHidaca)

Sudahkah membaca novel Isa Bella Clever People semua?

Lifestyle Blogger

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar