Apakah Anak Cerdas Pasti Sehat? Klik Saja SehatQ.com

10.30



Anak yang cerdas berawal dari pernikahan dan kehamilan yang cerdas. 1000 hari pertama kelahiran anak cerdas itu adalah momen golden age yang sangat luar biasa bagi perkembangan jasmani dan rohaninya. Apabila ia tumbuh di lingkungan yang cerdas, bukan suatu hal yang mustahil kelak ia akan tumbuh menjadi anak yang cerdas pula. Lantas apakah ini berarti ketika anak cerdas tumbuh di lingkungan yang sehat ia akan menjadi anak yang sehat? Klik saja SehatQ.com.

Ada banyak kemudahan mencari informasi kesehatan di SehatQ.com, termasuk ketika saya membutuhkan informasi tentang apakah anak cerdas sudah pasti sehat? Saya seluncuran kemudian ke Artikel Kesehatan yang ada di SehatQ.com.  Saya search dengan kata kunci anak sehat. Hanya dalam waktu beberapa detik, muncullah puluhan artikel terkait yang bisa jadi referensi kemudian.

Saya tertarik dengan artikel yang muncul di posisi paling atas. Apakah itu? Apakah Anak gemuk itu pasti sehat? Menurut saya tidak. Kadar sehat atau tidak sehatnya anak tidak tergantung dari gemuk atau kurusnya bentuk badan. Tapi dari saya tahan yang dipunyai si anak, apakah dia mudah sakit atau dia akan baik-baik saja meski cuaca sedang tidak menentu atau orang-orang di sekitarnya banyak yang sakit tapi dia tidak tertular.

Lantas? Kemudian saya menjadi berpikir, sesuai dengan tema tulisan-tulisan saya sebelum ini, yaitu tentang anak cerdas.  Pertanyaan besar ada dalam benak saya, yaitu tentang Apakah Anak Cerdas Pasti Sehat? Simak penjelasannya berikut:

Anak Cerdas Belum Tentu Sehat


Lingkungan menjadi hal yang mendorong anak untuk menjadi cerdas kemudian. Lantas, seperti apa lingkungan cerdas yang dapat mewujudkan terciptanya anak yang cerdas?

Anak yang cerdas berasal dari lingkungan yang cerdas, 5 lingkungan cerdas yang dapat mewujudkan terciptanya anak yang cerdas pula, diantaranya lingkungan sehat, lingkungan yang bersih, lingkungan yang ramah, lingkungan yang disiplin dan lingkungan agamis. Bisa simak informasi lengkapnya di postingan saya sebelum ini.

Pada postingan kali ini saya hanya ingin menggaris bawahi poin penting tentang lingkungan sehat. Karena lingkungan sehat akan membuat anak menjadi sehat pula.  Lingkungan yang paling utama dan pertama adalah lingkungan keluarga. Keluarga yang sehat dan memperhatikan kesehatan itu mutlak penting bagi tumbuh kembang anak agar menjadi cerdas sesuai dengan apa yang jadi harapan Bunda Yahnda sekalian.

Keluarga atau dalam hal ini kusebut, lingkungan, yang sehat bisa dimulai dengan memberikan imunisasi dasar lengkap sesuai dengan usia anak dan tepat waktu. Terlepas dari ada beberapa Yahnda Bunda yang tidak melakukannya, tapi menurutku imunisasi itu perlu. Karena yang  saya tahu, imunisasi dan pemberian vaksin sangat berguna bagi imunitas si kecil.

Anak cerdas yang tidak mendapat imunisasi dasar lengkap  (vaksinasi) kemudian bisa saja tumbuh menjadi anak yang sehat atau anak yang gampang terserang penyakit. Klik saja artikel Vaksin: Cara Melindungi Kesehatan Anak yang Paling Ampuh.

Lalu, Bagaimana Cara Agar Anak Cerdas juga Menjadi Anak Sehat?


1. Lengkapi Imunasi Dasar Lengkapnya
Imunisasi dasar lengkap akan membuat kekebalan anak terhadap suatu penyakit menjadi meningkat. Hal ini akan membuat si kecil, anak cerdas akan tumbuh semakin sehat. Imunisasi sendiri biasa disebut dengan istilah vaksinasi. Vaksinasi disebut juga imunisasi adalah pemberian vaksin ke dalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit.

2. Makan makanan sehat
Makanan sehat mengandung zat gizi 4 sehat 5 sempurna wajib dikonsumsi oleh anak cerdas dengan pengaturan pola makanan dari Yahnda dan Bundanya. Makan makanan sehat tetap perlu dijaga keseimbangannya agar tidak menjadikan anak gemuk atau bahkan mengalami obesitas kemudian.

3. Perbanyak aktivitas fisik
Apakah si kecil butuh aktivitas fisik agar menjadi anak cerdas yang sehat? Itu jelas sangat perlu. Dampingi anak jalan-jalan ringan atau bersepeda satu jam setiap harinya atau aktivitas apapun untuk melatih jantung, pernafasan, kekuatan otot dan tulangnya. Ajak saja anak bermain-main di rumah atau taman dekat rumah juga bisa kan?

Demikian Yahnda Bunda, semoga bermanfaat ya.


Disclaimer: Postingan ini saya ikutkan dalam SehatQ Blog Competition 2019, 10 Oct 2019 - 31 Dec 2019.


Lifestyle Blogger

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
catatanatiqoh
AUTHOR
13 Desember 2019 23.03 delete

wah mantap nih, semoga juara kak :) jadi pengen ikutan juga hehehe

Reply
avatar