Bumil Cerdas, Harus Tahu Bagaimana Cara Mewujudkan Kehamilan Penuh Nutrisi?

11.42




Bumil Cerdas, Harus Tahu Bagaimana Cara Mewujudkan Kehamilan Penuh Nutrisi?

Bunda, Minggu ini topik yang aku bahas masih tentang kehamilan. Kenapa kehamilan? Karena berawal dari kehamilan cerdas-lah anak yang cerdas akan dilahirkan kemudian. Bagi Bunda yang baru saja menikah, atau sudah lama menikah, sudahkah berpikir untuk merencanakan kehamilan kemudian? Atau begitu menikah langsung cuss plenthung, hamil tanpa jarak terlalu lama? Selamat dan sebagail bumil cerdas, Bunda harus tahu bagaimana mewujudkan kehamilan penuh nutrisi.

Setelah kehamilan cerdas itu terjadi, Yahnda Bunda sudah harus bersiap diri. Ketika dokter kandungan sudah menjadi teman yang nyaman dalam konsultasi dan program kehamilan kemudian langkah selanjutnya adalah periksa kehamilan rutin minimal setiap bulan.

Jangan pernah ragu untuk curhat apapun tentang kehamilan Bunda jika ada kendala, dokter kandungan pasti akan menyarankan langkah terbaiknya. Setelah dirasa cukup dengan semua itu, dokter akan menyarankan juga untuk mulai mengkonsumsi makanan yang penuh nutrisi, untuk Bunda dan calon bayi. Karena kehamilan yang cerdas berawal dari nutrisi yang cerdas pula.

Mengutip informasi dari laman web aladokter.com bahwa nutrisi ibu hamil merupakan salah satu faktor utama penentu kesehatan ibu dan janin. Kurangnya asupan nutrisi selama kehamilan dan gaya hidup yang kurang baik, membuat janin berisiko lebih tinggi mengalami gangguan, seperti berat badan lahir kurang, hambatan tumbuh kembang, hingga cacat bawaan lahir.

Setelah Bunda dinyatakan hamil, saat itulah Bunda harus mulai berhati-hati dalam memilih asupan makanan yang akan dikonsumsi. Hal ini dikarenakan setiap makanan yang Bunda konsumsi akan diserap oleh janin sebagai nutrisi untuk tumbuh kembangnya. Jika perlu, asupan nutrisi tambahan bisa didapatkan dari suplemen prenatal yang diresepkan oleh dokter.

Para ahli merekomendasikan ibu hamil dengan berat badan normal untuk mengonsumsi 1800 kalori pada trimester pertama, 2200 kalori pada trimester kedua, dan 2400 kalori pada trimester ketiga. Agar bayi di dalam kandungan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, Bunda disarankan mengonsumsi asupan makanan berikut sebagai sumber nutrisi ibu hamil.

Karbohidrat yang disarankan untuk ibu hamil adalah yang mengandung zat tepung, misalnya nasi, pasta, dan roti. Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sebanyak 8 hingga 10 porsi setiap harinya. Karbohidrat akan diubah menjadi energi sebagai nutrisi ibu hamil dan pertumbuhan bayi di dalam kandungan. Penelitian menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat saat hamil berisiko menyebabkan bayi terlahir cacat.

Saat hamil, Bunda memerlukan setidaknya 40 hingga 70 gram protein setiap harinya. Bunda a pun bisa memenuhi asupan protein harian dengan mengonsumsi,  daging, telur, tahu, susu, makanan laut termasuk ikan, kepiting, atau kerang, dan kacang-kacangan. Kebutuhan akan protein ini dapat terpenuhi saat Bunda mengonsumsi tiga hingga empat porsi protein setiap harinya. Misalnya, untuk memenuhi kebutuhan protein harian ibu hamil, Bunda dapat mengonsumsi dua gelas susu, dan 200 gram daging tanpa lemak.

Fungsi zat besi adalah membentuk hemoglobin yang berperan sebagai pembawa oksigen ke seluruh tubuh ibu dan janin melalui sel darah merah. Ketika hamil, kebutuhan zat besi Bunda meningkat hingga 50 persen. Peningkatan kebutuhan ini terutama pada trimester kedua dan ketiga. Setiap harinya, ibu hamil memerlukan setidaknya 27 mg asupan zat besi. Bunda bisa memenuhi asupan zat besi harian dengan mengonsumsi daging tanpa lemak, ikan, tahu, sayuran berwarna hijau, telur, dan kacang-kacangan. Jangan sampai Bunda mengalami kekurangan zat besi, karena dapat meningkatkan risiko bayi terlahir prematur.

Sejak awal hingga usia kehamilan 12 minggu, Bunda dianjurkan untuk mangonsumsi suplemen asam folat sebanyak 400 mcg per hari. Selain itu, Bunda juga membutuhkan asam folat alami yang disebut folat. Sumber folat adalah sayuran berwarna hijau seperti brokoli dan bayam, kacang-kacangan, alpukat, dan pepaya. Sebagian margarin dan sereal juga telah diperkaya dengan asam folat. Fungsi asam folat pada ibu hamil adalah mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf.

Pada saat hamil, Bunda membutuhkan 200-450 gram sayur dan 350 gram buah setiap harinya. Kandungan serat pada sayur dan buah berguna untuk membantu sistem pencernaan selama kehamilan dan mencegah sembelit saat hamil. Selain itu, bahan makanan ini juga mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan saat hamil, seperti vitamin dan mineral.

Bunda pun membutuhkan lemak sebagai nutrisi ibu hamil. Tidak ada batas minimal lemak yang harus Bunda konsumsi setiap harinya. Meski begitu, tentu saja tidak disarankan untuk mengonsumsi lemak secara berlebihan. Selain itu, pilihlah sumber lemak nabati yang sehat, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, dan alpukat.

Mengonsumsi tiga gelas susu atau susu kedelai setiap harinya, dianggap cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium ibu hamil. Pilihan lain yang bisa dikonsumsi untuk mencukupi asupan kalsium harian Bunda adalah sarden atau jus jeruk yang telah diperkaya kalsium. Apabila Bunda menyukai keju sebagai pengganti makanan-makanan yang telah disebutkan, utamakan yang rendah lemak. Yoghurt rendah lemak juga dapat menjadi pilihan yang baik, sebab satu cangkir yoghurt memiliki kadar kalsium lebih banyak daripada segelas susu.

Nutrisi ibu hamil dapat berbeda takarannya, tergantung kepada usia, berat badan, usia kehamilan, dan aktivitas fisik masing-masing ibu hamil. Karenanya, dianjurkan untuk berkonsultasi kepada dokter kandungan tentang porsi makanan yang perlu Bunda konsumsi, juga jenis serta dosis suplemen, jika diperlukan.

Kalau aku dulu karena pada saat trimester pertama mengalami ngidam berat. Aku tidak bisa makan minum apa-apa, susu hamil pun tidak. Saat itu aku disarankan untuk minum multivitamin khusus ibu hamil dan menyusui oleh bidan pada trimester kedua. Namanya Folamil Genio.

Apakah Yahnda Bunda sudah pernah mendengar multivitamin tersebut? Silakan bisa baca informasinya di situs popmama.com

Demikian ya Yahnda Bunda dan calon Yahnda Bunda semua, semoga bermanfaat....


Lifestyle Blogger

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
Mak 'Nces
AUTHOR
6 Desember 2019 20.33 delete

Mantep ilmunya mbak hehe

Reply
avatar
nyittt
AUTHOR
6 Desember 2019 20.45 delete

Alhamdulillah setiap hamil aq pemakan segala mba, ihihihi, ada makanan, mata langsung berbinar binar wakakaka

Reply
avatar
Annur Mardiah
AUTHOR
6 Desember 2019 22.10 delete

Masyaa Allah, nice sharing Mba Bet~ Terima kasih, btw fotonya waktu mengandung Jesi berapa bulan Mba? hehehe maafkan aku kepo ><

Reply
avatar
9 Desember 2019 15.23 delete

Itu foto waktu hamil jesi, Mba? Aku pikir mba betty hamil lagi hehehe...

Reply
avatar