MENGENAL APA ITU RAINBOW


Bismillah. Alhamdulillah. Akhirnya novel Rainbow ini bisa selesai tepat pada waktunya. 

Puji syukur atas rahmat dan karunia Allah SWT senantiasa terucap dari mulut seorang MakJes, salawat dan salam selalu terpanjat atas keagungan dan kasih sayang Nabi Muhammad SAW. 

Ucapan terima kasih juga tak lupa disampaikan secara special untuk seorang Ayah Jose (Joko Septiono), Jesi (Cleverona Bintang Aljazira) dan Jesa (Cleveroan Bintang Aljazari) yang menjadi pendukung utama dan penyemangat MakJes secara pribadi.

MakJes atau Mamak Jesi Jesa., seorang ibu muda yang sudah memiliki seorang putri berumur empat tahun dan seorang putra yang baru berusia tiga bulan ini juga seorang guru di salah satu sekolah dasar negeri desa pinggiran selatan Pulau Jawa. Ia  begitu menyukai menulis. Bahkan ia membulatkan tekad untuk mulai belajar di kelas-kelas menulis sejak akhir tahun 2017. 

Novel Rainbow adalah representasi kisah tentang sekolah Makjes yang hampir saja di-regroup, tapi berkat keajaiban Illahi sampai detik ini sekolah tersebut masih terus berdiri. Sungguh quotes seringkali pelangi paling terang mengikuti badai hujan yang paling gelap itu ada dalam kisah kehidupan nyata.

Rainbow sendiri ialah  novel yang ditulis pada event Parade Nulis Lovrins Batch 04 sejak bulan Februari sampai Maret 2021. Setiap bagian cerita per judul adalah uraian dari keyword yang wajib ada, sebagai acuan penilaian selain konsistensi, kedisiplinan dan kepedulian. 

Kenapa harus peduli, karena dalam event ini ada banyak teman yang ikut serta, sudah sepantasnya untuk hidup bersosialisasi. Di sinilah Makjes merasa berterima kasih secara khusus pada Mamak Mentor Azizatul Mualiffah yang begitu luar biasa membimbing dengan sabar dan teliti.

Tak banyak yang tahu, jika novel Rainbow ini adalah akronim dari ketiga tokoh utamanya, yaitu Ratih Kusumadewi, Insan Indah Pribadi dan Ikhsan Wibowo. MakJes memang secara branding selalu menulis buku dengan model judul akronim.

Novel Rainbow juga berisi banyak quotes menarik tentang hujan, kopi dan pelangi. Karena kopi adalah teman setia MakJes akhir-akhir ini. Musim hujan akan segera dirindukan karena musim kemarau sepertinya sudah datang, dan pelangi adalah nafas utama dalam novel ini.

Semoga kisah dalam novel Rainbow bisa menginspirasi dan diambil hikmahnya oleh pembaca. Aamiin.

(Betty Irwanti Joko): 1 April 2021

Karya RAINBOW ini adalah novel bergenre Slice of Life yang diselesaikan oleh Ibu Jesi hanya dalam waktu satu bulan penuh saat mengikuti Parade Nulis Batch 4 Penerbit Lovrinz Pro. Dengan nomor ISBN 978-623-289-840-0.

RAINBOW sendiri terdiri dari 25 part awal yang diposting di grup tertutup dan tambahan 5 part sebagai penyempurna cerita dalam hitungan layout naskah sebanyak kurang lebih ada 37176 kata dalam ukuran 14x20 ternyata dapat 285 halaman. Kita akan lihat nanti versi cetaknya seperti apa karena saat ini masih dalam proses antrian di penerbit bersama puluhan naskah yang lolos lainnya.

RAINBOW BLURB

Betty Irwanti Joko

SD Negeri Kedungborang 01 adalah sebuah sekolah yang terletak di daerah perbatasan dua desa dua kecamatan. Ratih bekerja di sekolah itu sejak pertama ia ditugaskan sebagai guru, mengikuti kakak kandungnya yang sudah lebih dulu menjadi guru di sebuah sekolah. Wacana regrouping membuat Ratih akrab dengan semangat pantang menyerah demi bisa mempertahankan sekolah tetap berdiri sendiri. 

Panjangnya rintangan dalam membangkitkan kembali sekolah setelah jatuh bangun perjuangan mempertahankan membuat Ratih harus meminta sang kakak agar mau berjuang bersamanya. Ia kemudian berinisiatif menamai sekolahnya dengan nama yang menggambarkan karakter seperti pada warna-warna dalam pelangi. 

Sekolah Pelangi adalah gambaran perjuangan The Rainbow: RAtih, INdah dan BOwo. Mereka adalah laskar-laskar handal yang mampu menyingkap kegelapan dan menghadirkan cahaya terang pendidikan kemudian. Karena mereka yakin pada satu hal, bahwa seringkali, pelangi paling terang mengikuti badai hujan yang paling gelap. 


Often times, the brightest rainbows follow the darkest rainstorms."



Betty Clever
Betty Clever Lifestyle Blogger

Posting Komentar untuk "MENGENAL APA ITU RAINBOW"