Menyambut Hari Guru ke-73, PGRI Ranting Binangun Bersiap

Menyambut Hari Guru ke-73, PGRI Ranting Binangun Kecamatan Bantarsari Bersiap

Pada 25 November 1945, persatuan guru telah menamai diri mereka dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Sayang, waktu itu belum ada keputusan resmi dari pemerintah untuk menjadikannya sebagai salah satu hari besar nasional. 

Barulah pada tahun 1994, Hari Guru Nasional resmi diperingati setiap 25 November. Ini juga tercantum di situs resmi PGRI. Dicetuskannya Hari Guru tentunya untuk mengenang jasa dan perjuangan para guru yang telah bekerja keras memperjuangkan pendidikan di Indonesia. 

HUT guru biasa disebut dengan istilah Hari Guru Nasional. Akrab juga dengan istilah HUT PGRI. 

Tahun ini Hari Guru ke-73 jatuh tepat di hari Minggu. Meski begitu semangat untuk menyambut HUT guru tidak surut. Seperti yang dilakukan oleh organisasi guru, PGRI di Ranting Binangun Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap.

Pada hari Jumat kemarin, tanggal 12 Oktober 2018 telah dimusyawarahkan bersama beberapa agenda yang berkaitan langsung dengan HUT guru di tahun 2018. 

Sekretaris PGRI Ranting Binangun mengemukakan bahwa banyak persiapan yang dilakukan untuk menyambut HUT guru tahun ini, diantaranya: 

1. Pemasangan 5 bendera PGRI wajib dilakukan dalam rentang waktu 1-30 November 2018, pada tanggal 1 Desember 2018 bendera PGRI harus sudah diturunkan. 

2. Upacara HUT PGRI disatukan dengan HUT KORPRI pada tanggal 29 November 2018 di Pendopo Kecamatan Bantarsari. 

3. Kegiatan POR PGRI Cilacap untuk dipusatkan di alun-alun Cilacap pada tanggal 14 November 2018, cabang lomba gerak jalan, sepak takraw, bola voli, dan lain-lain. 

4. Kegiatan HUT PGRI Cabang Bantarsari mengadakan donor darah di Pendopo Kecamatan Bantarsari tanggal 30 Oktober 2018, mengenakan pakaian PGRI dan Pramuka. 

5. Tasyakuran HUT PGRI di Aula Korwil Bidik (Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan) Kecamatan Bantarsari, seluruh pengurus PGRI ranting dan cabang wajib hadir begitu juga semua Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA yang ada di Bantarsari. Tiap ranting mengirimkan tumpeng. 

6. Kegiatan POR PGRI Cabang Bantarsari dilaksanakan di Ranting Kedungwadas yang dipusatkan di SDN Cikedondong 02 dan SMP Satu Atap Bantarsari. Waktu, 10 November 2018. Cabang lomba voli putera dan voli puteri. 

7. Untuk menyokong penyelenggaraan kegiatan di PGRI Cabang Bantarsari, setiap PNS diwajibkan iuran sejumlah Rp 120.000,00. 

8. Dalam rangka mempersiapkan kegiatan POR PGRI cabang tersebut di atas, PGRI Ranting Binangun mewajibkan semua anggota PGRI untuk hadir latihan bersama pada setiap hari Selasa dan Jumat, di SDN Binangun 04 setelah jam istirahat pertama. Sebab di hari Sabtu dimungkinkan ada jadwal latihan untuk tim Cabang. 

9. Tim Inti Voli PGRI Ranting Binangun: *Putera: Pak Muji, Pak Anto, Pak Sarkum, Pak Didik, Pak Wawan, Pak Ngadino, Pak Supri, Pak Yadi. *Puteri: Bu Murni, Bu Jojo, Bu Okta, Bu Oneng, Bu Lia, Bu Betty, Bu Heni, (masih butuh pemain lagi). 

10. Kegiatan tasyakuran HUT PGRI di Ranting Binangun, ada acara tumpengan, tahlilan dan ngaji bersama di SDN Binangun 04, waktu 24 November 2018. Pembicara, Bapak Kiyai Muhtar Wasito. 

Begitu padatnya agenda sehingga bulan Oktober-November menjadi bulan sibuk bagi para guru di lingkungan PGRI Ranting Binangun. Begitu juga bagi para guru di lingkungan PGRI seluruh Indonesia. 

Hidup guru! 
Hidup PGRI! 
Hidup Indonesia!

*

#493kata 
#komunitasonedayonepost 
#ODOP_6 
#day48 
 #CleverNotes 
Clever Class, Cilacap, 17 Oktober 2018: 09.34 Ibu Jesi.  

** 

Postingan ini juga disertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community. 

#OneDayOnePost 
#EstrilookCommunity 
#Day6 

***  

Referensi: https://www.google.co.id/amp/s/m.liputan6.com/amp/3174464/ini-lo-alasan-25-november-dijadikan-hari-guru-nasional 

Sumber gambar: dokumentasi pribadi.

Betty Clever
Betty Clever Lifestyle Blogger

17 komentar untuk "Menyambut Hari Guru ke-73, PGRI Ranting Binangun Bersiap"

  1. maju terus guru Indonesia!
    sukses untuk PGRI !

    BalasHapus
  2. Pahlawan tanpa tanda jasa..
    ---Terimakasihku guruku ---

    Makasih sharingnya mb

    BalasHapus
  3. Guru memang pahlawan yang sangat berjasa. Selamat hari guru

    BalasHapus
  4. Semoga semua guru di Indonesia selalu mendapat perhatian lebih dari pemerintah. Semoga guru-guru honorer juga segera mendapat honor yang lebih layak karena masih banyak yang honornya kecil banget

    BalasHapus
  5. Selamat hari guru. Kalau acara gini jadi inget guru SD.

    BalasHapus
  6. Semoga semua guru di seluruh Indonesia semakin sejahtera, aamiin


    https://www.ngerayau.com/

    BalasHapus
  7. Hidup persatuan guru indonesia. Tanpa beliau tak kan kita semua ini menjadi seseorang yang hebat..

    BalasHapus
  8. Jadi inget dulu waktu masih ngajar, pas hari guru, diberi puisi sama anak2. Semangat mbak...

    BalasHapus
  9. Sepertinya perayaan hari guru di Kec.Bantarsari bakalan seru habis ya mbak

    BalasHapus
  10. Selamat hari guru,mbak. Semangat mendidik anak bangsa 😊

    BalasHapus