Jejak Karya Ibu Jesi di Tahun 2018

Lebih dari 17 Karya
Oleh Betty Irwanti

Betty Irwanti atau biasa disapa Betty, lahir di Cilacap pada tanggal 29 Januari. Sebentar lagi istri dari Joko Septiono ini akan genap berusia 32 tahun. 

Mulai tertarik dengan dunia menulis sejak SMA, tetapi baru berani mengikuti event pada tahun 2016 saat ia hamil besar anak pertamanya (Cleverona Bintang Aljazira).

Pertemuan dengan sahabat lama adalah pembuka jalan di dunia yang sangat baru baginya. Sampai kemudian ia juga bertemu dengan satu kelas perdana yang membuatnya semakin yakin untuk menekuni dunia kepenulisan.

Akhir tahun 2017 ia mengejar banyak kelas berbayar. Rupanya dari sini segala hal dimulai. Bergabung di berbagai komunitas, membuatnya mengenal pergaulan sesama penulis yang sudah malang melintang.

Tahun 2018 ia bersiap menerima tantangan-tantangan. Mulai dari KMO Batch 13 yang membawanya menjadi salah satu dari 13 peserta terbaik. Lebih dari itu, saat mengikuti Tantangan Menulis Basagita, bahkan ia berhasil menjadi runner up.

Akhir tahun 2018 pun ia tutup dengan manis. Sertifikat ketiganya ia lengkapi dengan predikat sebagai peserta terbaik Kelas Fiksi ODOP Batch 6.

Kurang lebih setahun, Ibu Jesi memulai langkahnya sebagai penulis. Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah SWT tak henti ia ungkapkan atas segala kemudahan. Sudah ada 10 karya Antologi yang cetak di bawah berbagai naungan komunitas, mayoritas masih terbit indie.

Baru ada satu yang sudah terbit mayor dan nangkring di Gramedia seluruh Indonesia. Baru ada satu juga yang sudah bisa di downlod versi e-booknya.

Sudah Cetak:
1. My Little Detective (Rising Star)
2. 25 Dongeng Dunia Peri (Rising Star)
3. Love in Conflict (Rising Star)
4. Tahukah Kamu (Wonderland)
5. The Destiny (Rising Star)
6. Ya Rabbi Izinkan Kami Memiliki Buah Hati (Tinta Medina) (eL Hidaca)
7. Hidden Treassure (Rising Star)
8. Keajaiban Sedekah (KMO)
9. Anatomi Tubuh Manusia (Wonderland)
10. Mom Preneur (Pejuang Literasi)

E-book: 55 Tokoh Dunia yang Terkenal dan Berpengaruh Sepanjang Zaman (Scritto) (Wonderland)

Sudah PO: Tutti Frutti New Mommies (Pejuang Literasi)

Sedang PO:
1. Chamomile Tea for Awesome Teachers (Wonderland)
2. Story of my Wedding (Pejuang Literasi)

Sedang Proses:
1. TMB Basagita
2. Menyulam Aksara: Cinta Pertama Pada Menulis (KMO)
3. Anti Bully (eL Hidaca)
4. Nubar Kepompong Area Sumatera

Dan beberapa lagi yang masih menunggu kabar kelanjutannya.

Jika di tahun 2018 ia sudah berhasil mencetak buku pertamanya. Pencapaian yang di luar ekspektasinya hingga mencapai lebih dari 17 karya, meski masih antologi bersama rekan penulis lainnya.

Memasuki tahun 2019 niatnya sederhana saja, menerbitkan buku solo perdananya. Mengurangi aktifitas ikut kelas yang menguras, (cukup menjadi PJ saja) karena ia pun harus mengejar tugas menulis untuk persiapan kenaikan pangkat dalam jabatan dinasnya.

Menerbitkan buku solo perdananya juga merupakan salah satu cara untuk melengkapi persyaratan hitungan angka yang ingin coba ia ikhtiarkan sebagai pengalaman. Semoga bisa terealisasi dan menjadi jalan.

Bismillah. Semangat tahun baru. Semangat buku baru. Semangat kerja baru. Semangat yang selalu terbarukan.

Salam santun dari Ibu Jesi, Ayah Jose (Joko Septiono) dan Bebi Jesi (Cleverona Bintang Aljazira).

#2019BukuSoloAamiin

@RumahClever, Cilacap, 1 Januari 2019: 21.37.
IBU JESI
Nyi Bejo Pribumiluhur
Guru bi(a)sa

Betty Clever
Betty Clever Lifestyle Blogger

1 komentar untuk "Jejak Karya Ibu Jesi di Tahun 2018"