Aneka Infused Water dan Manfaatnya





brillio.net

#Day29
#OneDayOnePost
#EstrilookCommunity

#Day29
#OneDayOnePost
#KomunitasODOP
#PjOprecOdop7
#GrupTokyo
#DosbingNAC

ANEKA JENIS INFUSED WATER DAN MANFAATNYA

Secara khusus sebenarnya Ibu Jesi tidak begitu paham dengan yang namanya infused water. Beberapa waktu lalu infused water ini booming, dan setelah dia memperhatikan berbagai penjelasan tentangnya. Berulang kali membaca referensi dia pernah kepo mencoba membuatnya.

Sederhana saja. Hanya potongan lemon yang dicampur dengan buah yang ada di kulkas. Atau hanya potongan lemon segar saja. Sebab tidak ada tambahan bahan apapun.

Saat meminum air lemon yang sudah dibuat seperti infused water, memang rasanya segar. Efek di badan menjadi ringan, buang air pun menjadi sangat lancar. Itu manfaat yang dirasakan.

Pernah beberapa kali, Ibu Jesi mencoba membuat air rendaman kurma. Bukankah itu juga infused water? Infused water ala Nabi. Begitu kesimpulannya setelah mempelajari tekniknya. Air yang manis, semanis kurma tapi menyehatkan karena ia adalah pemanis alami bukan pemanis buatan.

Selain air lemon dan air kurma, Ibu Jesi belum pernah mencoba varian lain. Sebenarnya banyak sekali manfaat dan variasi infused water yang bisa dibuat.

Dilansir dari laman web hellosehat.com berikut beberapa klaim manfaat infused water beserta faktanya:

1. Menurunkan berat badan

Lemon adalah salah satu buah yang paling sering dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan. Bahkan lemon digadang-gadang sebagai makanan “pengurus” badan. Tak heran jika berbagai campuran lemon kini dipahami banyak orang sebagai ramuan yang baik dikonsumsi untuk diet, salah satunya dijadikan infused water.

Air lemon dipercaya bisa menurunkan berat badan karena buah satu ini mengandung pektin, yaitu jenis serat yang bisa memberikan rasa kenyang dan tahan lama. Banyak orang yang menganggap bahwa kandungan pektin dalam lemon mampu mengurangi asupan kalori dalam satu hari karena membuat kamu jadi tak gampang lapar setelah mengonsumsinya. Nah, di sinilah banyak orang yang keliru.

Faktanya, kandungan pektin dalam lemon tidak sebanyak yang Anda kira hingga mampu untuk menurunkan berat badanmu.

Jason Ewoldt, RDN, LD seorang ahli gizi dari Mayo Clinic Healthy Living Program setuju dengan anggapan bahwa lemon adalah buah rendah kalori dan baik untuk mengontrol kalori jika kamu berniat menurunkan berat badan.

Namun, bukan berarti jika buah satu ini mampu menurunkan berat badanmu. Satu buah lemon yang berukuran sedang hanya mengandung 2 gram serat. Jika diperas atau dipotong-potong untuk diolah menjadi minuman, kandungan serat yang masuk ke dalam tubuh pun akan lebih sedikit lagi. Akan tetapi jika dibanding dengan teh atau kopi, air lemon memang bisa jadi pilihan minuman yang jauh lebih sehat.

2. Mencegah penuaan kulit

Buah-buahan yang sering digunakan dalam infused water biasanya yang kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin C. Itulah mengapa banyak orang memilih buah jeruk, lemon, stroberi, kiwi, apel dan lain sebagainya untuk campuran infused water.

Berbagai buah dan sayur yang kaya antioksidan dan vitamin C memang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kulit, termasuk untuk menghambat penuaan kulit.

Kedua senyawa tersebut terbukti membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak kolagen guna mengencangkan dan mengenyalkan kulit. Akan tetapi, tidak secara otomatis bisa mencegah atau menghentikan proses penuaan yang telah terjadi.

Untuk menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan, kamu juga harus mencukupi kebutuhan gizimu dengan banyak mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, serta sumber protein rendah lemak.

Jadi jangan hanya mengonsumsi infused water saja, imbangi juga dengan penerapan pola makan sehat dengan gizi yang seimbang. Dengan begitu, manfaat infused water satu ini bisa lebih optimal dirasakan oleh tubuhmu.

3. Untuk detoks, alias membuang racun dalam tubuh

Manfaat infused water satu ini tak kalah fenomenal. Ya, banyak orang percaya bahwa infused water bermanfaat untuk detoksifikasi alias membuang racun yang menumpuk dalam tubuh dan membantu menurunkan berat badan.

Faktanya, istilah detoks dan racun yang digunakan untuk klaim manfaat infused water satu ini sebenarnya masih terdengar samar. Sampai saat ini pun tidak ada bukti yang cukup kuat yang menyatakan bahwa ada satu produk atau cara diet yang mampu mempercepat proses detoksifikasi tubuh atau membuatnya lebih efisien.

Pasalnya, tubuhmu memiliki caranya sendiri untuk menghilangkan racun yang menumpuk dalam tubuh. Peran ini dimiliki oleh organ ginjal dan hati yang berperan penting untuk mengeluarkan racun dalam tubuh lewat urin, feses, dan keringat.

Nah, untuk membantu merangsang mekanisme tersebut supaya tetap berjalan lancar, kamu disarankan  memperbanyak minum air putih juga makan lebih banyak sayur dan buah.

Jangan lupa, jaga kesehatan ginjal dan hatimu. Dengan begitu tubuhmu akan secara alami membersihkan semua racun dan produk yang sudah tidak digunakan lagi.

4. Hidrasi tubuh pengganti air putih biasa

Para ahli menyatakan, infused water membantumu tetap terhidrasi. Sekitar 60 hingga 70 persen dari berat badan manusia terdiri dari air, dan asupan air yang cukup diperlukan untuk setiap proses tubuh termasuk sirkulasi, pencernaan, dan pengaturan suhu tubuhmu. Jadi, dapat kamu bayangkan, kan, betapa air memegang peranan penting dalam kehidupan kita?

Secara umum, setiap orang membutuhkan air kurang lebih 8-12 gelas per hari. Hal ini untuk menggantikan air yang keluar dari tubuh, baik dalam bentuk keringat ataupun urin.

Banyaknya air yang dikeluarkan dari tubuh bisa bergantung pada cuaca, aktivitas, jenis diet Anda, hingga seberapa banyak kamu mengonsumsi kafein atau alkohol. Jika cairan yang keluar tidak segera diganti, maka bukan tidak mungkin Anda mengalami dehidrasi baik ringan maupun berat.

Dehidrasi mudah terjadi jika kamu kurang minum. Ada beberapa orang yang memang tidak suka dengan rasa dari air putih, atau mungkin bosan jika harus minum kurang lebih 2 liter air per harinya apalagi jika hanya minum air putih saja.

Infused water bisa jadi pilihan yang tepat bagimu yang tidak suka rasa air putih tapi tidak mau mengonsumsi minuman yang mengandung gula tinggi seperti soda, teh kemasan, kopi, dan jus buah kemasan.

Jika Anda sudah terbiasa mengonsumsi minuman ringan karena menyukai minuman berperisa, kamu dapat mencoba infused water. Rasa dari infused water mungkin tidak sekuat minuman ringan, tetapi infused water dapat menjadi alternatif minuman berperisa yang memiliki kalori sangat sedikit bahkan nyaris tidak berkalori.

5. Cara sehat minum vitamin

Infused water mangandung campuran buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin. Beberapa di antaranya mengandung jenis vitamin yang larut dalam air. Sehingga, ketika dipakai untuk membuat infused water, vitamin akan keluar dan larut di dalam air yang kamu minum.

Nah, ini salah satu cara lebih sehat memenuhi kebutuhan vitaminmu jika dibandingkan dengan mengonsumsi minuman ringan yang diklaim bervitamin tetapi juga mengandung gula tambahan.

6. Membantu melancarkan sistem pencernaan

Manfaat infused water juga bisa untuk melancarkan sistem pencernaan. Asupan cairan yang cukup sangat penting untuk menghidrasi tubuh sekaligus kesehatan pencernaan guna mempermudah kinerja usus dalam mencerna makanan.

Ya, minum banyak air dapat membantu mempermudah kinerja usus dalam mencerna makanan sehingga mencegah kamu mengalami sembelit. Pada dasarnya, air dapat membuat tubuh bekerja lebih optimal sehingga proses pembuangan zat sisa dari organ-organ tubuh menjadi lebih maksimal.

Meski ada beberapa klaim yang sampai sekarang belum terbukti kebenarannya secara ilmiah, tapi bukan berarti infused water tidak memiliki manfaat sama sekali. Infused water bisa dijadikan alternatif minuman bagimu yang tidak suka makan buah dan minum air putih.

Dibandingkan mengonsumsi kopi, teh, atau minuman ringan yang tinggi gula dan kafein, infused water bisa dijadikan pilihan minuman yang lebih sehat. Dengan mengonsumsi infused water, maka kamu dapat mendapatkan dua manfaat sekaligus. Pertama asupan cairan Anda terpenuhi. Kedua, Anda juga mencukupi kebutuhan vitamin dan nutrisi dari sayuran serta buah-buahan yang kamu sukai.

Meski begitu, pastikan kamu memilih buah dan sayuran yang tepat. Sebelum digunakan sebagai bahan infused water, buah dan sayuran tersebut dicuci terlebih dahulu agar kebersihan serta keamanannya terjaga. Pilihlah buah dan sayuran yang segar serta hanya gunakan air matang.

Yang tak kalah penting, agar manfaat infused water optimal adalah penerapan gaya hidup sehat.

Rutin melakukan aktivitas fisik dan olahraga secara teratur setidaknya 30 menit setiap hari. Jangan lupa, perhatikan asupan makanan harianmu. Atur porsi makan Anda dengan hanya mengonsumsi makanan dalam jumlah yang kecil.

Penuhi piringmu dengan menu yang mengandung gizi seimbang terdiri dari buah, sayura, protein, serat, dan lemak sehat. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan manfaat infused water secara optimal.

Bagaimana cara membuat infused water?
Cara membuat infused water sangat sederhana. Yang kamu butuhkan hanyalah air matang dan pilihan buah-buahan, sayuran, serta rempah-rempah sesuai dengan yang kamu sukai.

Jika kamu memutuskan untuk membuat infused water, kamu bisa memilih jenis buah seperti jeruk, lemon, stroberi, mangga, jeruk nipis, apel, atau buah apapun yang kamu sukai. Buah-buahan ini juga dapat ditambah dengan rempah-rempah atau herbs seperti daun mint, jahe, kayu manis, dan sereh. Semakin banyak bahan yang kamu gunakan, maka akan semakin kuat rasa infused water. Namun, pastikan kamu mencuci bersih semua bahan-bahan sebelum digunakan.

Setelah dicuci sampai bersih, potong bahan-bahan yang akan kamu gunakan lalu masukkan ke dalam sebuah wadah. Tuangkan air matang (boleh air panas atau air dingin) ke dalamnya. Rendam buah selama kurang lebih 1 hingga 12 jam di kulkas.

Sebelum disajikan, kamu bisa mengeluarkan bahan-bahan yang dipakai dari infused water untuk mencegah buah mengalami pembusukan di dalam air. Jangan lupa untuk menyimpan infused water kembali di dalam kulkas. Kamu disarankan untuk menghabiskan infused water kurang dari 3 hari atau bahkan di hari yang sama, terutama jika infused watermu tidak disimpan di kulkas.
Betty Clever
Betty Clever Lifestyle Blogger

4 komentar untuk "Aneka Infused Water dan Manfaatnya "

  1. Ada minuman untuk menaikkan berat badan gk mbak hehe

    BalasHapus
  2. Dari dlu pingin coba, tp mangkrak trus proyeknya 🙈

    BalasHapus
  3. Paling banter, Edel pake orange, Bube🤭🤭

    BalasHapus
  4. Suka sih minumnya, tp males buatnya🙊🙊

    BalasHapus