KPKR Kwarcab Cilacap Tahun 2021

 


Mengenal Apa Itu KPKR

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, teman-teman semua, selamat berjumpa lagi denganku yaa … Apa kabar? Kabar baik dan sibuk nih, malah sekarang sedang ikut KPKR? Apa itu KPKR? Yuk yuk kita kenalan dulu. 

Apa Itu KPKR?

KPKR adalah Kursus Pengelolaan Kwartir Ranting. Kwartir adalah satuan organisasi pengelolaan Gerakan Pramuka yang dipimpin secara kolektif pada setiap tingkatan wilayah. Kwartir Ranting atau biasa disebut dengan Kwarran mengkoordinasikan gugus depan dan pangkalan satuan karya pramuka di satu wilayah kecamatan atau distrik.

Di mana dan kapan KPKR berlangsung?

KPKR yang sedang Ibu Jesi ikuti adalah KPKR Fasilitasi Kegiatan Kwarda Jawa Tengah 2021 di Kwartir Cabang Cilacap. Dilaksanakan dari tanggal 18 Oktober 2021 sampai dengan 22 Oktober 2021 di dua wilayah. Wilayah Timur, fokus satu tempat yaitu di Aula SMP Negeri 1 Jeruklegi. Wilayah Barat, fokus satu tempat yaitu di Aula SMK Negeri 1 Karangpucung.

Empat hari Ibu Jesi harus berjuang menaklukkan diri dengan penuh semangat. Berangkat dari rumah sejak pukul 05.30 WIB dengan mengendarai kuda besi, dan baru sampai lokasi setelah menempuh perjalanan sekitar satu setengah jam kemudian. Full day study dengan ketentuan jam belajar selesai sekitar pukul 15.30 WIB, sampai di rumah sekitar pukul 17.00 WIB. Sungguh sebuah perjalanan luar biasa yang akan selalu menjadi catatan dan terukir indah menjadi kenangan.

Siapa saja yang bisa ikut KPKR?

KPKR bisa diikuti oleh sekretaris atau calon sekretaris Kwarran dan Andalan Kwarran atau mereka bisa disebut utusan Kwartir dalam satu wilayah Kwarcab Cilacap.

KPKR wilayah timur yang berpusat di Aula SMP Negeri 1 Jeruklegi diikuti oleh 20 orang yang terdiri dari 12 orang sekretaris dan 8 orang Anru Organisasi. KPKR wilayah barat yang berpusat di Aula SMK Negeri 1 Karangpucung diikuti oleh 20 orang juga, dan terdiri dari 12 orang sekretaris dan 8 orang Anru Organisasi.

Ibu Jesi sendiri ikut KPKR sebab menggantikan sekretaris yang sebenarnya karena beliau sedang menjadi proktor AKM di wilayah Korwil Bidik Bantarsari. Ibu Jesi telah menyerahkan berkas persyaratan peserta KPKR sejak hari pertama pelaksanaan.

KPKR berpola 32 jam pelajaran dengan tahapan kursus berupa orientasi  selama 6 jam pelajaran, kemudian tahap penguatan sebanyak 10 jam pelajaran. Dilanjutkan dengan tahap penerapan 9 jam pelajaran dan diakhiri dengan tahap pengukuhan selama 7 jam pelajaran.

Tahap orientasi berisi materi Upacara Pembukaan, Orientasi Kursus, Tes Awal, Dinamika Kelompok, dan Kontrak Belajar. Tahap penguatan berisi materi Fundamental Gerakan Pramuka, Strategi Pengelolaan Kwarran, Manajemen Kwarran, Komunikasi Efektif dan Sistem Administrasi Kwarran. Tahap penerapan berisi materi Simulasi Musyawarah Kawarran, Praktik Administrasi Kwarran dan Praktik Media Komunikasi. Tahap yang terakhir yaitu tahap pengukuhan berisi Materi Self Assessment Kwarran, Refleksi Kursus, Open Forum, Rencana Tindak Lanjut dan Evaluasi Pelaksanaan, Tes Akhir dan Upacara Penutupan.

Setelah mengikuti KPKR, peserta menjadi pengurus/ andalan Kwartir Ranting dengan konsepsi manajemen yang unggul berdasarkan PDK (Prinsip Dasar Kepramukaan) dan MK (Metode Kepramukaan), strategi manajerial, dan praktik nyata manajemen kwartir secara professional.

Ada banyak materi yang disampaikan dan dibagikan di WA Grup KPKR Wilayah Barat. Ada juga dua buku yang dibagikan sebagai materi utama kursus. Buku yang pertama bersampul warna biru hijau berjudul Buku Suplemen KPKR Tahun 2021: Mengelola Kwartir Ranting Gerakan Pramuka. Buku yang kedua bersampul warna coklat terang berjudul Petunjuk Penyelenggaraan Tentang Sistem Administrasi Kwartir Gerakan Pramuka, Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 162.A Tahun 2011.

Ada yang menarik perhatian Ibu Jesi saat membaca buku bersampul warna biru hijau serupa quotes-quotes yang berasal dari Bapak Pandu Dunia, Lord Boden Powell.

“Kami tidak pernah gagal ketika kami mencoba untuk melakukan tugas kami, kami selalu gagal ketika kami lalai melakukannya: We never fail when we try to do our duty, we always fail when we neglect to do it.”

“Ketika tiba giliranmu untuk meninggalkan dunia ini. Kamu akan meninggal dengan hati bahagia karena ketika kamu masih hidup kamu tidak menyia-nyiakan waktumu, tetapi telah kamu pergunakan dengan sebaik-baiknya.”

“Seorang pramuka tidak pernah terkejut, dia tahu apa yang harus dilakukan ketika sesuatu yang tak terduga terjadi: Scout is never taken by surprise, he knows exactly what to do when anything unexpected happens.”

“Kepercayaan harus menjadi dasar untuk semua pelatihan moral kita: Trust should be the basis for all our moral training.”

Cukup menarik ya quotes-quotes itu, semenarik kegiatan KPKR yang berlangsung selama empat hari dari pagi sampai sore hari. Apa saja yang terjadi di KPKR kali ini?

Hari pertama ada registrasi peserta dari pukul 07.00 – 08.00 WIB. Segmen 1 dari pukul 08.00 – 10.00 WIB dengan materi Tes Awal dipandu oleh Kak Adrianus Anjani dan Kak Setya Giyanti. Orientasi Kursus dipandu oleh Kak Sugiyanto dan Kak Yon Sugiyanto. Dinamika Kelompok dipandu oleh Kak Eko Cipto. Segmen 2 dari pukul 10.00 – 12.00 WIB dengan materi Upacara Pembukaan KPKR yang dilakukan secara daring via zoom dari dua tempat. Kontrak Belajar dipandu oleh Kak Adrianus Anjani dan Kak Setya Giyanti. Segmen 3 dari pukul 13.00 – 15.00 dengan materi Strategi Pengelolaan Kwartir Ranting secara Efektif dan Dinamis juga Profil Kwartir Ranting dipandu oleh Nara Sumber Kwarda, Tri Puas dan Humas.

Hari Kedua ada Segmen 4 materinya adalah Fundamental Gerakan Pramuka pada pukul 08.00 – 10.00 WIB dipandu oleh Kak Adrianus Anjani dan Kak Agus Nugroho. Segmen 5 materinya adalah Manajemen Kwartir pada pukul 10.00 – 12.00 WIB dipandu oleh Kak Sugiyanto dan Kak Yon Sugiyanto. Segmen 6 materinya adalah Penyusunan Program Kerja dan Evaluasi Kwartir Ranting dipandu oleh Kak Eko Sucipto dan Kak Setya Giyanti.

Hari Ketiga ada Segmen 7 berisi materi Sistem Administrasi Kwartir mulai pukul 08.00 – 10.00 WIB. Segmen 8 berisi materi Komunikasi Efektif dan Optimalisasi TI di dalam Kehumasan Pramuka mulai pukul 10.00 – 12.00 WIB. Segmen 9 berisi materi Penilaian Kwartir Ranting mulai pukul 13.00 – 15.00 WIB.

Hari Keempat ada Segmen 9 pada pukul 08.00 – 10.00 dengan materi Praktik dan Simulasi Penilaian Kwartir Ranting. Segmen 10 pada pukul 10.00 – 12.00 WIB dengan materi Rencana Tindak Lanjut, Tes Akhir dan Open Forum. Diakhiri Segmen 11 yaitu Upacara Penutupan pada pukul 13.00 – 15.00 WIB.

Pada pergantian segmen yang terjadi pagi, ada jadwal istirahat dan setelah lewat tengah hari juga ada kesempatan untuk ISHOMA (Istirahat, Sholat dan Makan). Sungguh kegiatan KPKR sangat padat dengan jadwal yang merayap. Semoga sampai akhir kegiatan bisa terus sehat, semangat dan sukses dengan bahagia.

Satyaku kudarmakan

Dharmaku kubaktikan

Agar jaya Indonesia

Indonesia Tanah Airku

Kami Jadi Pandumu


Salam Pramuka

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, 


Salam dari 

Ibu Jesi (Cleverona Bintang Aljazira)

Ibu Jesa (Cleveroan Bintang Aljazari)

Istri Joko Septiono (Jose)

a.k.a Betty Irwanti Joko

Calon Andalan Pramuka Urusan Bina Muda Siaga Putri Kwarran Bantarsari

Betty Clever
Betty Clever Lifestyle Blogger

Posting Komentar untuk "KPKR Kwarcab Cilacap Tahun 2021"