Guru Penggerak P3D UNUGHA Cilacap

01.31

 


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Apa kabar? Setelah sekian puluh purnama tak berkabar di sini, BuJes merasa kangen sekali. Maka, izinkan BuJes membagikan cerita tentang kegiatan yang sedang dijalani.

Sebut saja saya BuJes, Ibunya Jesi dan Jesa, sedang mengikuti program Guru Penggerak P3D. Apakah itu?

Apa itu Guru Penggerak P3D?

Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid dalam segala aspek kehidupan. Sedangkan P3D ialah kepanjangan dari Program Pengembangan Pemberdayaan Desa dari KEMENDIKBUD-RISTEKDIKTI (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan-Riset dan Teknologi Perguruan Tinggi)

Guru Penggerak P3D adalah program pemberdayaan guru-guru untuk bergerak menjadi guru yang bisa semakin melek teknologi informasi dalam rangka untuk mengembangkan diri.

Siapa sajakah yang bisa bergabung dalam Guru Penggerak P3D?

Semua guru di lingkungan Desa Kesugihan dan sekitarnya bisa mengikuti P3D seperti informasi awal yang telah dibagikan.

BuJes sendiri tahu informasi ini awalnya dari salah satu dosen yang dikenal pada saat program CHFP beberapa tahun yang lalu.

Sempat ragu pada awalnya karena berada pada jarak yang cukup jauh dengan lokasi standby dosen pembimbing dan mahasiswa pendamping, tapi pada akhirnya BuJes tetap mendaftar.

Mengapa harus ada Guru Penggerak P3D?

Guru Penggerak P3D berorientasi pada Program Guru Penggerak dari Kemendikbud yang telah berjalan. Sehingga dapat dikatakan bahwa Guru Pengerak P3D ada sebab guru zaman sekarang harus bisa berperan untuk menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya.

Guru diharapkan bisa menjadi pengajar praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah.

Tak hanya itu, guru juga diharapkan dapat mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah, membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Endingnya, guru harus bisa menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan di sekolah.

Kapan kegiatan Guru Penggerak P3D berlangsung?

Kegiatan Guru Penggerak P3D berlangsung selama bulan Juli - bulan November 2021. Kurang lebih empat bulan, para guru akan menjalani pelatihan online sesuai jadwal yang telah dibagikan.

Pada tanggal 6 - 16 Juli, flyer pendaftaran dibagikan. Selang sehari setelah penutupan pendaftaran ada Sosialisasi Penjelasan Skema Pelatihan dan Materi Seleksi yang dilakukan lewat zoom meeting. 

Hingga pada tanggal 27 Juli, guru-guru yang mendaftar dipanggil untuk seleksi sesuai dengan waktu penjadwalan dibagi dalam tiga sesi demi menjaga semua tetap aman dengan tidak berkerumun. Protokol kesehatan tentu saja dilaksanakan dengan cara sangat ketat tentu.

Pada saat seleksi, bapak dan ibu guru harus membuat PPT Hyperlink sesuai dengan arahan di tutorial yang sudah diberikan sebelumnya.

Hal-hal yang tidak diperbolehkan dalam proses seleksi ini yaitu bekerjasama dengan peserta lain, menggunakan bantuan internet, dan, meminta bantuan terkait materi.

Adapun penilaian dalam seleksi diantaranya kelengkapan, kerapian dan, kreatifitas.

Selesai seleksi, beberapa hari kemudian, diumumkanlah siapa-siapa saja yang lolos. Dan BuJes termasuk salah satu dari 36 guru yang lulus dan menjadi peserta Guru Penggerak P3D.

Menurut Dosen Pembimbing P3D, pendaftar program ini ada 72 orang. Jadi, guru yang lulus itu berarti rezeki untuk guru yang mau tidak mau harus siap bersemangat sampai akhir.

Bersemangat demi materi-materi penting yang harus dikuasai. Apa saja materinya? Materinya sangat uwow menurut BuJes.

Ada materi Flyer dan Thumbnail. Materi Bandicam. Materi Organisasi Youtube. Materi Organisasi G - Meet. Materi Penggabungan YT dan GM.

Materi itu tentu saja ada tugasnya. Tugasnya adalah membuat flyer, membuat video Bandicam, membuat Thumbnail Youtube, membuat Channel YouTube, mengunggah Video ke Youtube, merekam G-Meet, mengunggah Video Rekaman G –Meet.

Materi selanjutnya ada mteri PPTH to Apps Android, Materi G-Site to Apps Android.

Tidak hanya itu, materi Organisasi Pelatihan Online juga diberikan. Diantaranya ada, Pembagian Jobdesk (Admin, Host, Pemateri), Pembuatan Flyer Promo Pelatihan Online, Promosi Pelatihan Online, Pembuatan Grup Pelatihan Online, Penyusunan Materi Pelatihan Online, Pembuatan Link Presensi, Pembuatan Undangan, Pembuatan Sertifikat dan Sharing Dokumen.

Bapak ibu guru yang telah mempelajari banyak materi dan sudah selesai mengerjakan tugas akan terbagi dalam beberapa tim. Tim-tim itu nantinya bisa langsung melakukan Persiapan Magang yang dijadwalkan pada 01 – 04 September 2021. Masing-masing tim membuat persiapan tutorial online

TIM SATU akan beraksi mulai tanggal 5 sampai dengan tanggal 18 September 2021 dengan fokus Pelatihan Pembuatan Flyer (A4, FB, IG, YT)

TIM DUA akan memulai tugasnya pada tanggal 19 sampai dengan tanggal 28 September - 2 Oktober 2021 dengan materi Pelatihan Video Pembelajaran Bandicam.

TIM TIGA akan bertugas pada tanggal 3 sampai dengan tanggal 16 Oktober 2021 dengan materi Pelatihan PPT to Android Apps.

TIM EMPAT siap melakukan aksi pada tanggal 17 – 30 Oktober 2021 dengan materi Pelatihan G-Site to Android Apps.

Dari aksi dan tugas empat tim yang terbentuk, maka akan dilakukan Penilaian Guru Terbaik pada hari Sabtu, 06 November 2021 untuk Pemilihan The Best 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 Guru Penggerak P3D.

Tak hanya itu, ada juga Finishing Buku pada tanggal 8 – 13 November 2021 oleh Tim P3D Kemendikbud – Ristekdikti UNUGHA Cilacap.

Akan ada juga Finishing Jurnal pada tanggal 15 – 20 November oleh Tim P3D Kemendikbud – Ristekdikti UNUGHA Cilacap.

Semua kegiatan akan ditutup dengan Laporan AKhir pada tanggal 21 – 30 November oleh Tim P3D Kemendikbud – Ristekdikti UNUGHA Cilacap.

Sangat padat bukan materi, tugas dan rangkaian kegiatan pada pelatihan Guru Penggerak P3D ini?

Di mana kegiatan Guru Penggerak P3D berlangsung?

Guru Penggerak P3D semua kegiatannya dilakukan secara daring online yang diselenggarakan di Desa Kesugihan dan sekitarnya pada UKM Racana Al Ghazali Al Adawiyah Universitas Nahdatul Ulama Imam Ghazali (UNUGHA) Cilacap.

Bagaimana proses pelatihan Guru Penggerak P3D?

Proses pelatihan Guru Penggerak P3D sangat kolaboratif. Pergerakan semua guru sangat dinamis. Semua bersemangat. Meskipun umur tak lagi muda tapi apalah arti usia jika fokus itu senantiasa membuncah adanya.

Pelatihan dilaksanakan via zoom meeting yang terkoneksi langsung dengan live streaming Youtube. Ada grup WA untuk mengkomunikasikan segala bentuk pembelajaran. Jalur pribadi juga diinginkan bagi yang mempunyai kendala.

Semua jalur dibuka tentu saja. Waktunya pun fleksibel saat praktik. Karena semua pasti tahu, yang sedang belajar itu guru-guru yang juga mendampingi anak murid belajar daring. Harus ada tetap mengutamakan anak-anak, tentu saja.

Semangat belajar sampai akhir BuJes...

Ditunggu tulisan berikutnya.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

***

Ditulis oleh Betty Irwanti
Atau biasa dipanggil dengan sebutan BuJes
Alias Ibunya Jesi Jesa
Jesi-> Cleverona Bintang Aljazira (4, 5 tahun)
Jesa-> Cleveroan Bintang Aljazari (8 bulan- )
Istrinya Ayah Jose (Joko Septiono)

Tulisan ini dibuat di Rumah Clever, pada hari Selasa, 9 Agustus 2021, tengah malam pukul 00.31- 01.22 WIB.

Lifestyle Blogger

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »