Tantangan Terakhir RCO Batch 5

10.18
Kesan dan Pesan Ikut Reading Challenge Odop Batch 5

RCO Batch 5 hampir berakhir. Kebersamaan yang telah dimulai sejak tanggal 4 Februari 2019 akan menyisakan hari-hari penuh kerinduan. Kerinduan pada atmosfir perburuan menyelesaikan tantangan membaca tak berjeda selama 45 hari.

Menurut jadwal yang sudah diatur PJ level terakhir diberi batas waktu sampai 15 Maret 2019. Dan tulisan ini saya tuliskan sebagai tugas akhir agar saya lulus dan bisa diwisuda kemudian. Aamiin.

RCO episode ini terdiri dari 5 level. Peserta membaca buku sesuai dengan tema yang telah ditentukan pada tiap-tiap level. Jumlah halaman per hari ditentukan oleh PJ. Peserta hanya boleh absen maksimal 3 kali dalam satu level. Jika lewat 3 kali, maka tidak bisa lanjut ke level berikutnya. Laporan yang sudah mengisi form dimulai pukul 05.01 - 05.00 (di hari berikutnya) melalui google form yang linknya akan dishare setiap pagi. Peserta juga diharapkan untuk mengatur chat agar tertib, karena ada kiriman rekap harian dari PJ, dan wajib mengerjakan setiap tantangan pada setiap levelnya.

Sejak awal PJ telah memberikan info tema buku yang harus disiapkan. Buku-buku tersebut antara lain bertema biografi (Non Fiksi), Fiksi peraih nobel sastra (Fiksi), Sejarah (Non Fiksi), dan Buku Bahasa Asing (Non Fiksi / Fiksi).

Ketentuan penilaiannya adalah jika peserta melakukan laporan baca dengan disiplin maka diberikan POIN 1 dan jika peserta mengerjakan tantangan maka diberilah POIN 3.

Di level 1 buku yang dibaca masih bertema bebas. Ada kewajiban posting di medsos pribadi dan membuat tulisan di blog.

Di level 2 buku yang dibaca bertema biografi tokoh. Tebal buku minimal 100 halaman,btidak harus berupa buku cetak, dan minimal membaca 25 halaman per hari. Tantangan di level 1 adalah Upload buku yang sedang dibaca ke sosmed masing-masing dengan tagar #ReadingChallengeOdop, membuat biografi singkat di blog masing-masing tentang tokoh tersebut, membuat cerpen bertema bebas dengan tokoh dan watak sesuai pada tokoh dalam buku biografi yang dibaca. Di level ini saya membaca ebook Ki Hajar Dewantara terbitan bersama Museum Kebangkitan Nasional Indonesia.

Di level 3 buku sejarah menjadi tema buku yang wajib dibaca. Tebal buku minimal 120 halaman, tidak harus berupa buku cetak, dan minimal membaca 30 halaman per hari. Tantangan di level kedua adalah upload foto buku ke sosmed, membuat tulisan yang menjawab pertanyaan 'Apakah kamu pernah membaca sejarah yang sama namun ada beberapa isi yang berbeda atau bahkan bertentangan?' Tulis di blog dengan jumlah kata bebas dan membuat puisi berdasarkan sejarah yang dibaca pada buku tersebut. Tulis di sosmed. Di level ini saya membaca buku Sejarah Nasional Indonesia 1 terbitan Balai Pustaka.

Percaya nggak sih, kalau level 4 ini yang paling menantang? Karena buku yang harus dibaca adalah buku berbahasa asing (bukan bahasa lokal).Tebal minimal 50 halaman. Minimal membaca 15 halaman per hari. Buku tidak berisi terjemahan. Tantangan yang harus dikerjakan di level 4 adalah upload buku yang dibaca ke sosmed masing-masing. Jangan lupa pakai hastag #ReadingChallengeOdop #TantanganLevel4. Membuat biografi singkat tentang pengarang buku. Tulis di blog masing-masing. Dan membuat resensi buku. Tulis di blog masing-masing. Buku di level ini yang saya baca adalah Lost Voices from Titanic terbitan Arrow Books.

Dan kamu harus percaya, kalau level 5 ini yang paling mellow. Kenapa mellow, karena level lima adalah level terakhir. Sebagai penanda RCO Batch 5 segera berakhir. Buku yang harus selesai dibaca adalah Buku Fiksi Peraih Nobel Sastra dengan tebal bebas. Dan harus dibaca minimal membaca 25 halaman per hari. Buku yang sedang saya baca dan harus segera saya selesaikan adalah My Name is Red terbitan Serambi terjemahan dari Benim Adim Kirmizi.

Tantangan yang harus dikerjakan di level akhir ini adalah upload foto buku yang dibaca ke sosmed masing-masing. Jangan lupa pakai hastag
#ReadingChallengeOdop #TantanganLevel5, membuat tulisan singkat di blog, kenapa memilih buku itu? Kenapa buku itu pantas meraih penghargaan tersebut? Dan harapan untuk RCO ke depan.

Dan saya menulis ini sebagai tugas akhir di level akhir RCO Batch 5. Kesan saya mengikuti kelas ini sungguh luar biasa. Kelas membaca ini sangat memacu saya untuk banyak membaca buku berkualitas. Kelas membaca ini sangat membuat saya mengeluarkan banyak pengorbanan demi terselesaikannya semua tantangan. Karena saya termasuk tipe penyuka tantangan. Tantangan itu ujian. Membaca itu juga ujian. Sama seperti hidup.

Percayalah hidup itu ujian. Ujian menyelesaikan tantangan di RCO itu sungguh membuat saya sering kelaparan. Sering jumpalitan. Sering membuat saya lembur setiap malam. Sering membuat saya off dari gadget setiap malam.

Percayalah membaca itu sangat mengasyikkan. Bahkan sepanjang perjalanan RCO Batch 5 ini saya berhasil membaca lebih dari target yang diwajibkan. Buku yang berhasil saya baca setelah buku wajib terselesaikan antara lain Buku Biografi Sandiaga Uno, Detik-Detik USBN SD, Big Drilling Sukses Ujian SD, Tentang Kita, Chamomile for Awesome Teacher,

Tapi ujian adalah sarana bagi saya untuk belajar dan belajar. Ikut kelas ini membuat saya belajar bahwa membaca dan menulis adalah salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan. Bacalah meski hanya satu ayat. Tulislah meski hanya satu kata. Dan sampaikanlah hal yang bermanfaat meski itu hanya satu kalimat.

Percayalah,  membaca dan menulis itu ibadah. Teruslah maju RCO di batch yang akan datang dan teruslah ada sebagai sarana kita untuk mengasah kemampuan.

Izinkan saya mengucapkan permohonan maaf kepada semua teman yang ikut RCO Batch 5. Jika banyak salah kata dan tingkah laku tak sopan.

Teruntuk PJ Lutfi dan Sovia yang baik hati, semoga Allah senantiasa melimpahkan kesehatan dan kebahagiaan. Aamiin.

***

Clever Class, Cilacap, 15 Maret 2019: 09.15.
Betty Irwanti Joko
Ibu Jesi
Nyi Bejo Pribumiluhur

Lifestyle Blogger

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar