Clever Tips: Bagaimana Cara Meredakan Sakit Gigi?

07.59
Berbagai Cara Mengobati Sakit Gigi yang Terbukti Ampuh, di Rumah dan DokterFoto: hellosehat.com

#Day8
#SatuBulanMenulisBuku
#CleverMom
#EstrilookCommunity

#Day38
#OneDayOnePost
#KomunitasODOP
#PjOprecOdop7
#GrupTokyo
#DosbingNAC

CARA MENGATASI SAKIT GIGI

Aku percaya, mulai umur tiga puluhan Clever People mulai merasakan sensasi sakit gigi kembali. Sewaktu kecil bisa dipastikan Clever People semuanya pernah merasakan betapa nikmatnya rasa sakit, saat gigi susu tanggal dan tumbuh gigi yang baru. Betapa luar biasanya rasa itu.

Entah kapan tepatnya, aku menyadari bahwa gigiku sudah berlubang dan keropos, tahu-tahu sudah tinggal separuh saja. Sejak saat itu, cerita sakit gigi segera dimulai. Rasa yang luar biasa, sampai-sampai aku ingin sekali merubah lagu milik Meggi Zakaria, yang katanya lebih baik sakit gigi daripada sakit hati. Atau sebaliknya ya, hmmm. Nanti deh kita lihat lagi.

Yang perlu kita sama-sama lihat adalah bagaimana cara meredakan sakit gigi saat ianya tiba-tiba datang menyapa. Beberapa cara berikut bisa dijadikan solusi untuk Clever People:

1. Berkumur dengan air garam

Dilansir dari laman web, grid.id, Dalam sebuah survei, disebutkan lebih dari 90% orang pernah merasakan gangguan gigi. Dari gigi berlubang, gusi berdarah, sampai karang gigi. Kerusakan gigi ini dapat menyebabkan sakit hingga menganggu aktivitas harian seseorang.

Jika Clever People mengalami hal ini, ada saran untuk berkumur air garam saat sakit gigi menyerang. Air asin adalah disinfektan alami, juga obat yang mudah dan efektif untuk menyembuhkan sakit gigi.

Air asin dapat dibuat dengan menyiapkan air hangat satu gelas yang diberi satu sendok teh atau satu sendok makan garam. Air asin ini akan memberikan efek menenangkan. Kumur-kumur dengan bahan alami tersebut akan membuat syarat yang tadinya tegang, atau bisa jadi pecah, akan dibalut dengan sempurna oleh zat yang ada di garam (yodium).

Alternatif lain jika Clever People tidak menyukai garam yang sesungguhnya memang rasanya benar-benar asin, maka pakailah pasta gigi yang mengandung ekstrak garam saat menyikat gigi.

Meski sebenarnya, saat sakit gigi kita justru tidak disarankan untuk sering-sering sikat gigi? Kenapa? Karena saraf dan pembuluh darah yang pecah akan semakin pecah karena gosokan sikat gigi di dalam mulut kita. Solusinya? Tetap sikat gigi, meski mengurangi durasinya. Yang biasanya sikat gigi sampai lima atau sepuluh menit, saat sakit gigi, sikat gigilah seperlunya.

2. Menempelkan cengkih

Cengkih adalah salah satu bahan utama dalam membuat rokok. Cengkih mengandung zat tertentu yang bisa meredakan sakit gigi. Taruhlah cengkih pada bagian gigi yang sakit, tunggu beberapa saat sampai efeknya terasa. Ketika cengkih mulai berasa, itu berarti ianya sedang bekerja.

Bahan ini telah bertahun-tahun dipercaya dapat mengobati sakit gigi karena kandungan eugenol, yang merupakan antiseptik alami. Jika sakit tak tertahankan, gunakan sedikit bubuk cengkeh untuk dioleskan pada gigi yang sakit atau kunya cengkeh untuk mendapatkan minyaknya. Clever People juga dapat menggunakan minyak cengkeh langsung dengan hanya dua tetes pada gigi yang sakit.

3. Kumur daun sirih

Jika Clever People tidak menemukan cengkih, bisa juga diganti dengan daun sirih. Jika tidak biasa mengunyahnya, seperti kebiasaan orang tua zaman dahulu, Clever People semua dapat merebus kemudian airnya bisa digunakan untuk berkumur.

Sekarang sudah ada pasta gigi dengan kandungan daun sirih dan kandungan simak juga di dalamnya. Itu, lho yang mereknya mirip nama orang. Ada dua warna kemasan dengan dua varian di dalamnya. Coba saja, Clever's Mom sendiri saat ini selalu menggunakannya setiap menggosok gigi, sebagai pengganti pasta gigi yang biasa digunakannya.

4. Menempelkan es batu

Ini sedikit cara yang ekstrem tapi aku pernah melakukannya. Aku pernah mendengar saran ini dari salah satu teman kerja. Gigi yang sakit ditempeli es batu kecil. Gigit dengan sebelah giginya lalu rasakan sensasinya. Memang rasanya ngilu sekali, aku pun hanya pernah sekali melakukan ini.

Yang pernah beberapa kali kulakukan adalah menaruh es batu di pangkal ibu jari, tekan dengan jari dari tangan lain. Sepersekian detik memang terasa. Tapi hanya bertahan sebentar saja.

Nama lain dari cara ini adalah kompres dingin, seperti Dilansir dari grid.id, Kompres dingin efektif untuk meredakan setiap rasa sakit yang kita alami. Gunakan kantung es atau taruh es dalam kantung plastik dan bungkus dengan kain tipis. Letakkan ini di bagian gigi yang sakit selama 15 menit untuk mematian saraf. Ini juga dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan.

Yang paling aku sarankan adalah merelaksasi agar rasa sakit gigi ini tak menguasai diri, yaitu memijat daerah antara pangkal ibu jari dan jari telunjuk. Aku biasa memijat sendiri, atau jika sedang luar biasa sakitnya bisa meminta bantuan pasangan dalam hal ini.

Pijat seperti ini juga bisa digunakan untuk meredakan sakit kepala atau gejala saat badan mulai tidak enak dirasa.

5. Kunyah bawang putih

Semua cara telah dicoba, tapi tetap belum terasa juga efeknya? Clever People mau mencoba alternatif lainnya? Coba saja bawang putih.

Bawang putih dikenal karena sifat obatnya, ini dapat membunuh bakteri berbahaya dan bekerja sebagai penghilang rasa sakit. Cara terbaik untuk menggunakannya adalah dengan membuat pasta dan meletakkannya di area yang terkena atau kunyah perlahan.

Clever People dapat mengulangi perawatan alami ini selama beberapa hari sampai rasa sakit hilang.

6. Daun jambu biji

Daun jambu biji adalah anti-inflamasi dan antimikroba yang dak hanya meringankan sakit gigi tetapi juga meredakan sariawan dan gusi bengkak.

Clever People bisa mengunyah satu atau dua daun sampai getahnya mulai bekerja pada gigi.

7. Minum paracetamol atau obat pereda nyeri

Paracetamol berguna untuk meredakan nyeri apapun. Bahkan jika hanya diminum dalam komposisi satu kandungan saja, paracetamol boleh digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Ketika kandungan yang tidak dicampur dengan bahan lain, misalnya obat paracetamol khusus untuk anak-anak, juga bisa digunakan untuk membantu meringankan nyeri pada anak akibat sakit gigi.

Aku juga pernah disarankan oleh seseorang untuk minum obat pereda nyeri sakit gigi, dan ternyata itu ampuh. Asam Mefenamat namanya. Menurut laman web hellosehat.com, dalam artikel yang ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi dan sudah direview serta diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum, menyebutkan bahwa Asam mefenamat adalah obat untuk mengobati rasa sakit ringan hingga sedang. Sering digunakan sebagai obat sakit gigi, sakit kepala, dan meringankan rasa nyeri pada masa menstruasi.

Asam mefenamat atau mefenamic acid dikenal sebagai nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID). Obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati serangan asam urat.

Minum tiga kali sehari saat sakit gigi begitu kuat menyerang. Ketika rasanya sudah berkurang, kurangi pula dosisnya. Bahkan ketika sudah tidak terasa, minum saja saat saat sakit gigi melanda. Semoga sakitnya mereda.

Sebab sakit gigi itu luar biasa maka, yang belum pernah merasakan lagi setelah sekian lama, seharusnya harus selalu bersyukur dan berusaha menjaganya dengan baik.

Jagalah gigimu sebaik-baiknya sebelum sakit gigi akan hidupmu seketika!

Waspadalah!

Keep Strong ya Clever People semua!

Lifestyle Blogger

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

9 komentar

Write komentar
Aksaramila
AUTHOR
12 Oktober 2019 10.25 delete

Super Mbak Bet👍👍👍

Reply
avatar
Aysafitri114
AUTHOR
13 Oktober 2019 17.33 delete

Nomor 7 paling ampuh bagiku

Reply
avatar
13 Oktober 2019 20.12 delete

Anak kedokteran apa apa ya ini? Hehehe

Reply
avatar
14 Oktober 2019 10.32 delete

Mantap sekali Kakak
#semangat

Reply
avatar
14 Oktober 2019 18.56 delete

membuka wawasan kak :) terima kasih

Reply
avatar
pamorsinta
AUTHOR
14 Oktober 2019 21.33 delete

bagus informasinya, semangat

Reply
avatar
Asih Mufisya
AUTHOR
19 Oktober 2019 08.02 delete

Sakit gigi itu rasanya benar-benar sakit seluruh tubuh.

Salam kenal dari Nottingham.

Reply
avatar