Jangan Khawatir Saat Kamu Harus Satu Kantor dengan sang Mantan. Lakukan Saja 7 Hal Ini untuk Mengendalikan Hatimu!

Jangan Khawatir Saat Kamu Harus Satu Kantor dengan sang Mantan, Lakukan Saja 7 Hal Ini untuk Mengendalikan Hatimu!

Oleh: Betty Irwanti

Bumi ini selalu berputar. Sama dengan putaran waktu yang terus berputar hingga akhir nanti. Waktu yang lampau telah terlewati dan biasa disebut sebagai masa lalu. Masa yang kita jalani saat ini dijuluki sebagai masa kini. Dan masa yang akan dijalani kemudian disebut dengan masa depan.

Orang-orang yang kamu temui di masa lalu, bisa jadi hingga saat ini masih sering kamu jumpai. Mereka adalah orang-orang yang paling tidak memang dekat denganmu. Meski mereka jauh namun perasaan selalu dekat di hati.

Nah, ketika saat ini kamu sudah mempunyai pasangan namun takdir mempertemukanmu dengan orang yang pernah dekat di masa lalu. Kamu pernah menjalin hubungan dengannya kemudian kandas dan membuatnya menjadi salah satu dari mantan pacarmu. Tentu perasaan gugup, nervous dan terkejut menghampiri.

Apalagi jika kamu berada dalam satu bidang pekerjaan dengan sang mantan kemudian ada desas-desus santer terdengar bahwa dia akan dipindahkan ke bagian yang setiap hari harus bertemu denganmu. Apa yang sebaiknya kamu lakukan mulai dari sekarang?

7 hal ini dapat membuat hatimu stabil meski dirimu harus bertemu sang mantan setiap hari. Simak ulasannya berikut ini:

1. Luruskan niat

'Innamal a'malu binniat" segala amalan itu bergantung kepada niat. Bertemu dengan siapapun jika niat kamu sudah lurus, untuk bekerja, untuk menjemput rezeki-Nya, niscaya hati tidak mudah berubah menjadi gelisah hanya karena berada satu kantor dengan sang mantan. Apapun yang kamu lakukan seharusnya niatkan semata-mata karena Allah

2. Terbuka dengan pasangan

Bukalah komunikasi yang terbuka dengan pasangan. Jelaskan saja siapa dia jika diperlukan. Ini akan memudahkan setidaknya ketika nantinya kamu harus bekerja lembur. Jadi, tidak perlu menyembunyikan siapa sang mantan itu sebenarnya apalagi sampai harus berbohong. Dosalah ujung-ujungnya kemudian.

3. Bersikap biasa

Bersikap biasa terhadap sang mantan, bukanlah hal mudah yang bisa dilakukan. Apalagi jika sang mantan di masa lalu adalah orang sangat istimewa. Tapi, inilah yang seharusnya dilakukan. Jangan sampai terlihat bersikap berlebihan kemudian merugikan karir pekerjaanmu sendiri. Atau jika kamu menolak bekerjasama dengannya karena pernah sakit hati dan terluka misalnya. Meski hati teriris, sakit, dan perih tetap saja kamu wajib berkata baik dan sopan kepada sang mantan tersebut. Mungkin saja memang dahulu dia sedang khilaf dan kamu harus menjadi manusia yang bisa memaafkan kesalahan orang lain.

4. Jangan menghindar

Bukan sikap yang bijaksana jika saat bertemu dengannya kamu menghindar. Menghindar adalah cara yang buruk, kamu tidak boleh menyikapinya dengan hal ini. Tatalah hatimu, hadapi dia dengan wajah yang tegak dan emosi yang stabil. Jangan membuat dia GR (Gede Rasa) dengan sikapmu yang belum move on. Jangan memancing perasaan-perasaan yang akan membuka kembali hubungan yang memang sudah selesai. Ini hanya akan menimbulkan masalah baru. Masalahmu dengan pekerjaan dan masalahmu dengan pasangan. Sangat rugi bukan?

5. Ingat selalu kejelekannya

Salah satu resep paling ampuh agar kita bisa bersikap biasa di depan sang mantan adalah dengan selalu mengingat kejelekannya. Tidak perlu lagi mengingat segala kebaikannya. Ini bukan berarti kamu memupuk rasa benci kepada sesama manusia tapi resep ini cukup ampuh agar kita tidak kembali pada perangkap yang bernama CLBK (Cinta Lama Bersemi Kembali).

6. Hindari berdua-duaan

Dalam Islam ada larangan untuk berdua-duaan karena yang ketiganya adalah syaitan. Usahakan untuk tidak mengobrol hanya berdua, tidak membonceng motornya, tidak menghubunginya lewat chat untuk membicarakan hal pribadi. Tidak apa-apa jika obrolannya disaksikan teman atau berada di group bersama teman kerja yang lain. Tetap tutup segala kemungkinan yang bisa saja terbuka jika kamu bersikap longgar. Syaitan bisa kapan saja datang menggoda lewat berbagai cara.

7. Perbanyak ibadah dan do'a

Kunci agar kamu terhindar dari godaan syaitan karena berada di satu kantor bersama mantan adalah perbanyaklah ibadah dan do'amu setiap saat. Kembalikan semua urusan hanya kepada Allah. Karena atas izin-Nya lah kamu menjadi bertemu dengan sang mantan. Jangan berprasangka buruk terhadap Allah, karena siapa tahu ada hikmah yang tersembunyi di balik semua kejadian.

Itulah ketujuh hal yang bisa kamu terapkan ketika kamu harus bersiap saat sang mantan itu benar-benar satu kantor denganmu kemudian. Kendalikan hati dan perasaanmu, jangan buat kamu terkurung dalam lingkaran bernama ketidaknyamanan dalam bekerja gegara sang mantan.

Sadarilah dengan kelapangan hati bahwa masa berasama sang mantan sudah hilang bersama kenangan. Tidak ada lagi yang perlu dikenang. Saatnya move on dan bekerjasama dengannya demi kemajuan kerja dan kantor di masa depan.

Tetap selalu waspada ya, jangan membiarkan kekhawatiran menguasaimu. Selama kamu lakukan 7 hal tersebut kamu akan lebih mudah mengendalikan hatimu yang kalut. Keep calm and carry on, ya, Dears.

*

Tulisan ini untuk melengkapi tugas #001 kelas Blog dari Kang Asep. (KMO Indonesia)

#Artikel
#Life
#752kata
#OneDayOnePost
#November2018
#Day12

@CleverClass, 12 November 2018, 09.25.
Ibu Jesi.

Betty Clever
Betty Clever Lifestyle Blogger

15 komentar untuk "Jangan Khawatir Saat Kamu Harus Satu Kantor dengan sang Mantan. Lakukan Saja 7 Hal Ini untuk Mengendalikan Hatimu!"

  1. Wow, ketemu dengan mantan saja rasanya pasti gimana, apalagi harus satu kantor. Tips2 di atas tentu akan sangat membantu ketika kita dihadapkan pada situasi seperti itu.

    BalasHapus
  2. Hihihi saya ndak punya mantan, dia yg pertama dan terakhir sampai jannah aamiin.😍

    BalasHapus
  3. Nomer 3
    Biasa aj
    Cuma masa laly gitu jd y anggep iklan *kejamm wkk

    BalasHapus
  4. Xixixixi mantan enaknya diapain ya.dulupain dan setuju kita bersikap biasa aja yaa...

    Alhamdulillah ngk punya mantan....
    Makasih yaa

    BalasHapus
  5. Masya Allah, keren tutulis nya

    BalasHapus
  6. Omegat, judulnya aja udah bikin baper. wkwkwk

    BalasHapus
  7. Bacanya deg-deg an mbaak wkwk. Semoga selalu diluruskan niatnya ya, karena itu yang paling fundamental hehe

    BalasHapus
  8. Hihiii saya termasuk orang yg silaturahminya dengan para mantan oke² aja 😆
    Yup, luruskan niat & never CLBK adalah kunci utama. Lupakan masa lalu karena kita hidup di masa kini & masa depan.

    BalasHapus
  9. Kenapa langsung keinget judul FTV yaa baca iniii 🙈🙈🙈

    BalasHapus
  10. Duuh, mending menghindar kalo saya 😂😂

    BalasHapus
  11. untungnya nggak punya mantan (eh)

    BalasHapus
  12. Mantan oh mantan
    Alhamdulillah gk pernah ketemu mantan baik didumay maupun dunianyata 😁
    Btw thanks sharingnya mb 😉

    BalasHapus
  13. Wow, sang mantan. Hehe ... Selamat tinggal masa lalu.

    BalasHapus
  14. Untung nggak bisa sekantor sama mantan. Hihihi

    BalasHapus
  15. Hahaa Mantan..sudahlah lupakan, tapi kadang masih kebayang juga tentang masa lalu bersamanya..😊
    Bagus nih mb Tips...sip sip

    BalasHapus