Menikmati Sunset di Pantai Teluk Penyu Cilacap Bersama Ibu Jesi

20.31


#Day25
#OneDayOnePost
#EstrilookCommunity

#Day25
#OneDayOnePost
#KomunitasODOP
#PjOprecOdop7
#GrupTokyo
#DosbingNAC

WISATA PALING INDAH UNTUK MENIKMATI SUNSET

Matahari terbenam tanda malam akan segera tiba. Warna jingga kekuningan menggelayut sempurna di angkasa. Tahukah kamu? Matahari terbenam lebih familiar disebut dengan kata, sunset.

Apakah sunset sama dengan senja? Ya. Mereka adalah saudara kembar beda kewarganegaraan saja. Sunset bisa jadi berkebangsaan luar negara, tapi kalau senja, itu sih jelas pasti berkebangsaan tanah air Indonesia.

Sunset, senja atau matahari terbenam biasa hadir petang hari. Ia bisa jadi penanda sudah masuk waktu salat Maghrib, setiap harinya. Coba sekali-kali tengoklah langit di kala senja. Atau kamu sama sekali belum pernah melakukannya?

Nah, pernah tidak kamu dengan sengaja pergi ke tempat wisata paling indah untuk menikmati sunset? Kalau aku pernah. Tapi bukan untuk menikmati sunset, tapi sunrise. Sunset dan sunrise kiranya bersaudara lah ya. Kan sama-sama punya matahari. Kalau punya bulan bisa jadi namanya bakal berubah jadi moonset atau moonrise, ini istilah ngarang sengaran-ngarangnya kok.

Menikmati saat matahari terbit pernah Ibu Jesi dan Ayah Jose lakukan bersama Bebi Jesi untuk pertama kali waktu ia baru berumur 5 bulan di Pantai Teluk Penyu Cilacap.

Selepas adzan Subuh kami bertiga berjalan kaki dari rumah Pakde di Jalan Kantil. Hanya butuh 15-20 menit saja sudah sampai. Pintu gerbang pantai Teluk Penyu menjulang tinggi dengan dua patung penyu raksasa tampil gagah menghiasai.

Melewati pintu masuk, sampailah kami di persimpangan jalan. Jika belok kiri atau berhenti di situ saja kami sudah akan sampai di THR Teluk Penyu. Jika belok kanan kami akan sampai di area Pantai yang luas, membentang sepanjang kurang lebih dua kilometer.

Area yang paling indah untuk menikmati sunset maupun sunrise di kawasan ini ada di areal 70. Area yang hanya berbatasan laut sepanjang 500 meter dengan Pulau Nusakambangan. Area ini pada pukul 18.00 sudah ditutup. Tidak sembarangan orang bisa masuk setelah pintu gerbang sudah ditutup kecuali yang sudah masuk sebelumnya.
Kalau saat sunset jujur, waktu bersekolah di SMA Negeri 3 Cilacap tahun 2001-2004 dulu sering. Sekedar mengisi sore hari saat senggang. Di area 70 juga ada tempat wisata yang hits, yaitu Benteng Pendem.

Mau menikmati saat matahari terbenam atau saat matahari terbit dari view yang berbeda?  Coba tengok ke arah utara. Jika kamu beruntung kamu akan melihat penampakan Gunung Slamet dengan begitu jelasnya.

Dari arah penampakan sebelah utara kamu juga bisa melihat pemandangan sepanjang pantai, bahkan sampai sepanjang pantai di Kabupaten Kebumen yang jika ditempuh perjalanan darat selama 2-3 perjalanan.

Teluk Penyu Cilacap memang menyimpan sejuta pesona. Sejak aku kecil sampai hari ini, ia selalu menjadi favorit warga Pribumiluhur Cilacap macam aku untuk selalu setia mengunjungi pantai kebanggaan ini setiap saat aku bisa.

Sebab pantai ini juga menyimpan begitu banyak cerita, kisah dan sejarah pastinya. Aku sebenarnya ingin juga menuliskan tentang keistimewaan yang dimiliki oleh Teluk Penyu. Apa saja?

Aku mengambil referensi dari tempatwisataindonesia.id. Di lama Web tersebut ada beberapa informasi tentang Teluk Penyu Cilacap, antara lain:

1. Pantai Teluk Penyu cukup terkenal di sekitar Kabupaten Cilacap dan sekitarnya, bahkan sampai ke seluruh penjuru dunia.
2. Lokasinya terjangkau dan dekat dengan pusat pemerintahan.
3. Kendaraan roda dua dan roda empat bisa masuk ke area lokasi pantai.
4. Tiket masuknya murah, hanya lima ribu rupiah saja per orang.
5. Fasilitasnya lengkap, ada toilet umum, sarana ibadah, gazebo, water sport, dan lain-lain.
6. Asal nama Teluk Penyu unik. Dahulu, masyarakat percaya bahwa pantai ini merupakan rumah yang nyaman bagi penyu.
7. Penyu yang ada di Teluk Penyu bermigrasi ke kawasan lain, seperti Bali dan Lombok.

Happy travelling Clever People!

Lifestyle Blogger

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar