Wisata Keluarga Favorit The Clever Family

05.41



#Day22
#OneDayOnePost
#EstrilookCommunity

#Day22
#OneDayOnePost
#KomunitasODOP
#PjOprecOdop7
#GrupTokyo
#DosbingNAC

WISATA KELUARGA PALING FAVORIT

Jalan-jalan biasa kita sebut dengan wisata atau berwisata. Mengunjungi tempat-tempat yang sudah lama jadi tempat wisata atau belakangan mulai hits di dunia maya.

Di dunia nyata banyak sekali tempat wisata yang ingin aku kunjungi. Aku sekarang sudah berkeluarga, sudah lama sekali tidak berkunjung ke Jakarta (terakhir itu tahun 2004, saat kembali ke desa), dan sampai sekarang belum pernah ke sana lagi.

Aku sangat kangen ingin ke Jakarta. Mengunjungi tempat wisata yang semasa kecil pernah aku kunjungi. Waktu aku kecil justru aku sering ke Jakarta, karena banyak saudara di sana. Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Monas, sudah seperti apa ya saat ini? Apakah masih seperti yang dulu? Atau sudah semakin indah. Seindah tempat wisata keluarga favorit keluargaku saat ini?

Ya, aku masih setia menjadi Pribumiluhur Cilacap Bercahaya. Jadi, tempat wisata keluarga paling favorit ya ada di sekitar sini saja. Diantaranya:

1. Waduk Koebangkangkoeng

Tempat wisata ini terletak di Desa Kubangkangkung Kecamatan Kawunganten kabupaten Cilacap. Tergolong wisata baru yang mulai hits sejak dua tahun lalu. Wisata di pinggir hutan Kubangkangkung yang merupakan hutan milik PTPN. Hutan dengan tanaman dan produk utama berupa karet.

Kenapa disebut waduk? Karena memang di tengah tempat wisata ini ada waduk luas yang merupakan sumber air bagi masyarakat sekitar. Waduk ini bahkan tidak pernah kering, meski di musim kemarau sekalipun. Waduk ini bahkan telah memiliki wahana kolam renang yang baru saja diresmikan oleh direktur PTPN langsung, dan bangganya drumband sekolahku unjuk kebolehan sebagai salah satu pengisi acaranya.

2. Kemit Forest

Tempat ini wisata ini terletak di Kecamatan Sidareja Kabupaten Cilacap. Dari Rumah Clever butuh sekitar satu jam perjalanan untuk sampai ke lokasi wisata. Kalau menuju Waduk Koebangkangkoeng dari Rumah Clever hanya butuh 20-30 menit saja naik sepeda motor.

Kemit Forest adalah wisata edukasi yang juga terletak di hutan. Hanya saja berada di ketinggian yang memungkinkan pengunjung untuk melihat pemandangan Sidareja dan sekitarnya dari berbagai sudut pandang. Ah, sungguh. Butuh keberanian untuk sekedar bisa berswafoto di sana. Bahkan jika kamu ingin sampai lebih cepat, tanjakan terjal bakal menjadi tantangan untukmu jika kamu berani mencobanya.

3. THR Teluk Penyu

Tempat wisata ini terletak di Pantai Teluk Penyu Kota Cilacap Bercahaya. Butuh satu jam perjalanan melewati Waduk Koebangkangkoeng dan sekitarnya. Tempat ini sangat fenomenal dan berkesan abadi bagiku dan keluarga. Bagaimana tidak? Sejak kecil aku sudah sering ke sana. Berhubung aku juga sekolah di Cilacap kota, setiap pagi bahkan aku suka jalan-jalan untuk sekedar berolahraga.

Masyarakat Cilacap biasa menyebut area THR Teluk Penyu itu dengan sebutan Kisik. Kisik itu artinya laut. Pergi ke THR ya otomatis bakal pergi ke laut. Dari alun-alun Cilacap kamu tinggal jalan lurus saja ke arah timur, kemudian belok kanan sepanjang 1 kilometer, kemudian belok kiri, sampai deh di lokasi.

4. Nusakambangan

Nusakambangan ini terletak di seberang THR Teluk Penyu. Kamu butuh naik perahu untuk bisa sampai ke sana. Di Nusakambangan banyak tempat wisata juga yang kini semuanya dikelola oleh Depkumham. Kenapa? Karena di Nusakambangan juga terdapat lapas sebagai hotel prodeo bagi para narapidana kelas kakap.

Nusakambangan itu luas. Membentang dari THR Teluk Penyu di ujung timur, sedangkan di ujung baratnya itu hampir bersentuhan dengan daerah Kampung Laut bahkan hampir sampai ke Pantai Pangandaran. Betapa panjang Nusakambangan, sampai-sampai ia begitu berjasa sebagai pasak bumi pinggiran selatan Pulau Jawa. Ia melindungi dari hempasan ombak Tsunami yang beberapa waktu kemarin datang menyapa.

5. Dreamland

Dreamland terletak di daerah Pancasan, Ajibarang, Kabupaten Banyumas. Butuh sekitar satu jam sampai dua jam Dari Rumah Clever untuk bisa sampai ke sana. Jalan yang biasa ditempuh ya, lewat pertigaan Jeruklegi kemudian belok kiri, sampai di perempatan Wangon, ambil arah lurus. Sekitar 25 kilometer dari sana, pintu gerbang Dreamland ada di kiri jalan.

Dreamland adalah wisata air. Ada banyak wahana di sana. Mulai dari kolam renang, kolam seluncur, flying fox, ada juga wisata edukasi kebun binatang mini. Yang menarik adalah saat kita bisa naik ke zona atas. Pemandangan yang indah plus jelajah kuliner yang serba ada membuat kita betah lama-lama di tempat wisata. Yakin deh.

6. Alun-alun Cilacap

Nah, kalau ini semua warga Cilacap juga tahu. Bebi Jesi juga tahu. Beberapa kali kami sempat mengajaknya berwisata ke alun-alun Cilacap kota Bercahaya. Letaknya yang strategis membuat alun-alun Cilacap menjadi favorit saat weekend tiba, terutama saat malam Minggu. Jangan ditanya seberapa sesak saat itu. Bahkan anak-anak kecil seumuran Bebi Jesi pun antusias dengan semua wahana permainan yang tersaji.

Ada sepeda kayuh, naik kuda, odong-odong, taman kota, aneka permainan, dan lain-lain. Yang paling menarik bagiku adalah alun-alun ini terletak persis di depan Masjid Agung Darussalam Cilacap. Masjid Agung yang dimiliki oleh Kabupaten Cilacap dengan segala keistimewaannya. Masjid ini menjadi masjid wajib yang harus aku singgahi saat berkunjung ke Cilacap City.

7. Owabong

Destinasi wisata ini cukup jauh. Tapi meskipun begitu, Owabong menjadi idola untuk tujuan study tour sekolah-sekolah sejak lama. Sampai-sampai aku sendiri sudah tiga kali ke sana.

Owabong Waterpark adalah wahana air yang banyak memicu adrenalin. Airnya pun sangat jernih, terlebih karena air itu mengalir setiap saat langsung dari sumbernya. Sumber langsung dari daerah pegunungan. Yang paling menarik di sebelah Owabong persis, masih dalam satu lokasi hanya saja berada di bawah ketinggian, ada wahana motor cross yang menurutku sangat menarik untuk dicoba.

Selamat jalan-jalan ya.
Mari berwisata!
Mumpung weekend telah tiba.

Be Clever Travelling!

Lifestyle Blogger

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
23 September 2019 14.33 delete

Wah jadi pingin k cilacap... Seharian kmrn, aku muter2 d Jateng, hanya saja untuk wisata religi 😊😆

Reply
avatar
Asih Mufisya
AUTHOR
24 September 2019 04.07 delete

Tempat wisatanya banyak dan pastinya menarik semua nih. Nama THR, jadi ingat lebaran hehehe ....

Reply
avatar
24 September 2019 10.25 delete

Awawawww...ini mah udh mahir nulis, utk tema traveling ini sangat informatif & cukup jelas

Reply
avatar